06 09-18

Ternyata Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, Panti Asuhan dan Non Panti Punya Arti Berbeda Lho

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Program Kerja

            Mayoritas masyarakat Indonesia mengetahui sebuah lembaga yang menaungi anak yatim, anak terlantar, adalah panti asuhan. Sedangkan ada perbedaan secara antara panti asuhan, non panti asuhan dan lembaga kesejahteraan sosial anak.

            Dapat kita simpulkan, bahwa Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) lembaga perlindungan anak yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap hak anak-anak sebagai wakil orang tua dalam memenuhi kebutuhan mental dan sosial pada anak asuh.

            Bentuk dari perlindungan untuk anak-anak yatim, piatu, yatim piatu, termasuk juga anak terlantar adalah panti asuhan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak diartikan sebagi rumah, tempat, atau kediaman yang digunakan untuk memelihara (mengasuh) anak yatim, piatu, yatim piatu, dan juga termasuk anak terlantar.  Santoso memberikan pengertian sebuah panti asuhan sebagai suatu lembaga yang sangat terkenal untuk membentuk perkembangan anak-anak yang tidak memiliki keluarga ataupun yang tidak tinggal bersama dengan keluarga (sumber http://www.jejakpendidikan.com/2016/11/pengertian-fungsi-dan-tujuan-lembaga.html)

Nah, untuk yayasan non panti secara arti dapat dikatakan sebagai proyek pelayanan dan penyantunan terhadap anak-anak dari keluarga miskin, keluarga retak, dengan pemberian santunan berupa beasiswa. Dan untuk non panti tidak ada untuk tempat persinggahan bagi anak-anak atau yang dimaksud di sini adlaah tidak ada asuh yang menetap dan tinggal di yayasan karena memang yayasan dengan predikat non panti bukan untuk persinggahan bagi anak asuhnya. Sumber http://www.amalmulia.com/ind/pelayanan/non-panti/

            Selain panti asuhan sebagai tempat bernaung dan juga belajar, banyak prestasi di raih oleh panti asuhan lho. Salah satunya panti asuhan Muhammadiyah Tanah Abang Sawangan Depok, menjadi peserta festival marawis 24 jam di Tugu Monumen Nasional. Tentu saja banyak prestasi-prestasi lain yang sudah diraih oleh panti asuhan.

            Dan menjadi tugas kita selalu dukung dan siap membantu panti asuhan, agar adik-adik panti bisa mengembangkan bakat dan minatnya agar menjadi seorang yang sukses dan berguna nantinya.

Yuk, kita kenali lebih dalam soal panti-panti yang ada di sekitar kita, dan selalu bersedia berbagi bagi adik-adik panti yang membutuhkan uluran tangan kita. Dengan Kapiler Indonesia, mari kita sejahterakan panti asuhan, cukup klik link ini http://kapilerindonesia.com/program_donasi/detail/20 berbagi menjadi sangat mudah.

Panti Go Digital!

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(