12 09-18

Apa sih Tahfidz Quran Itu? Simak Penjelasannya Di Sini Yuk!

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Kunjungan Program Kerja Kebutuhan

         Kita semua sudah tidak asing lagi mendengar kata Tahfidz Al-Quran. Tahfidz Al-Quran terdiri dari dua kata, yaitu tahfidz dan Al-Quran, kata tahfidz sendiri mempunyai arti menghafal atau proses menghafal dan mengulang sesuatu. Sedangkan pengertian Al-Quran secara etimologi (bahasa) berasal dari bahasa Arab, yaitu Qaraa-Yaqrau-Quraanan, yang berarti bacaan, dan hal itu dijelaskan di dalam Al-Quran pada surat Al-Qiayamah ayat 17-18 yang artinya, “Sesungguhnya atas tanggungan Kamiah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila kami selesai membacakannya, maka ikutilah bacaan itu.” Sumber http://pesantrenkhairunnas.net/2016/04/12/pengertian-tahfidz-quran/

         Berdasarkan pengertian tahfidz/menghafal Al-Quran di atas, dapat kita simpulkan bahwa menghafal Al-Quran merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Quran yang diturunkan kepada Rasulullah SAW.

         Seperti kita ketahui, Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari kepada Nabi Muhammad SAW. Dijelaskan pula bahwa Al-Quran merupakan wahyu yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya.

         Tentu saja tradisi menghafal Al-Quran sudah ada sejak masa Nabi Muhammad SAW hidup. Begitu pula sahabat-sahabat Nabi yang menjadi penghafal Al-Quran, seperti Ali Bin Abi Thalib RA, Utsman Bin Affan RA, Abdullah Bin Mas’ud RA. Sumber https://plus.google.com/105811608520758444514/posts/5HU1Akh2i7A

         Pembelajaran dan penghafal Al-Quran berkembang pesat hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pesantren Krapyak milik KH. Muhammad Munawwir merupakan perintis pembelajaran tahfidz di Indonesia. Pondok pesantren yang berlokasi di Yogyakarta tersebut membuka kelas khusus santri hafizul Quran pada era 1900-an, yang sejatinya masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Sumber https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/17/07/10/osvl81313-perintis-pembelajaran-tahfiz-di-indonesia

         Sejak dibukanya dibukanya kelas tahfidz di pesantren Krapyak, masyarakat pun kemudian tertarik untuk menghafal Al-Quran. Begitu pun pondok pensantran lainnya, mulai membuka kelas tahfidz Al-Quran untuk dipelajari secara mendalam.

         Hingga di era modern ini, ratusan bahkan ribuan umat Islam berlomba untuk menjadi seorang penghafal Al-Quran, termasuk adik-adik panti asuhan yang rupanya memiliki mimpi dan cita-cita yang sungguh mulia, untuk menjadi seorang tahfidz Al-Quran.

         Kapiler Indonesia hadir dengan program Rumah Tahfidz Panti, yang mendukung dan memfasilitasi adik-adik panti asuhan yang bercita-cita menjadi seorang hafidz Al-Quran. Program yang akan berjalan selama 3 bulan ini, akan menjadi tahapan bagi adik-adik panti  untuk selangkah lebih dekat menjadi seorang penghafal A-Quran.

            Yuk dukung adik panti menjadi seorang penghafal Al-Quran melalui Kapiler Indonesia.

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(