26 09-18

Yayasan Al Falah: Iuran Jamaah Al Falah Untuk Biaya Sekolah

avatar

Oleh   Development

Kategori   Kunjungan Program Kerja

            Sebuah perkumpulan yang dibuat untuk kegiatan positif, pastinya mampu memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain. Seperti yang ada di pengajian di Masjid Al Falah. Mengumpulkan iuran demi membantu biaya anak-anak yang kesulitan untuk membayar sekolah.

            Berangkat dari ketulusan hati membantu anak-anak yang kesulitan, Hj. Nurlaila Karim menjadi penggagas untuk dibentuknya sebuah badan atau organisasi resmi dan memiliki payung hukum, untuk dapat membantu anak-anak lebih banyak lagi.

            Setelah rencana dari Hj. Nurlaila tersebar luas, hingga ke kepala desa atau Lurah, saat itu pula di instruksikannya agar dibuat sebuah yayasan. Tahun 1998 berdirilah yayasan Al Falah, diberikan nama Al Falah karena dahulu pendiri dari yayasan tersebut diambil dari nama sebuah musholla tempat pengajian dari Hj. Nurlaila mengaji bersama ibu-ibu lainnya.

            Hj. Nurlaili Karim adalah seorang single parent atau orang tua tunggal yang melanjutkan hidup dari berdagang serta mengajar mengaji. Karena satu dan dua hal, beliau harus berpisah dengan suami. Menjadi seorang guru mengaji, mengurus anak dan mengurus sebuah yayasan, menjadikan hidupnya lebih bermakna dan bermanfaat.

            Hampir selama 3 tahun yayasan Al Falah bertempat di Jl. Kadiaman Buntu hingga 1995. Selepas itu Hj. Nurlaila membeli sebuah rumah ri Jl. Kemayoran Barat 3 hingga saat ini. karena nama Al Falah sudah begitu banyak, maka nama yayasan sedikit dimodifikasi menjadi Yayasan AL Falah Kemayoran.

            Setelah pengurusan adminstrasi untuk menjadi sebuah badan yang legal dan diakui pemerintah, berbagai bantuan pun kian datang ke yayasan milik Hj. Nurlaili tersebut. Seperti bantuan dari Dinas Sosial, Gubernur Jakarta dan donatur-donatur lainnya. Bantuan juga datang dari YBMBRI atau Yayasan Baitul Maal Bank Mandiri Rakyat Indonesia, yang selalu memberikan beasiswa kepada anak asuh yayasan yang memiliki prestasi tiap tahunnya, dengan standar dari nilai raport sekolah mereka.

            Sepeninggal pendiri yayasan Al Falah Hj. Nurlaili Karim, perjuangannya diteruskan oleh Ibu Rosma untuk tetap menjalankan yayasan Al Falah. Bersama dengan adik dan pengurus lainnya, kegiatan dari yayasan Al Falah tetap berjalan sesuai yang di amanahkan sang Ibunda.

            Sempat suatu ketika anak asuh yang ada di yayasan Al Falah mencapai hingga 90 orang anak. Jumlah anak asuh dari yayasan AL Falah ini menunjukkan bahwa memang begitu banyaknya anak-anak yang mengalami kesulitan untuk biaya sekolah. Namun karena setiap tahun ada yang lulus atau tamat dari sekolah menengah atas (SMA), jumlah anak tiap tahun mengalami variasi atau selalu berubah-ubah.

            Anak asuh yang berada di bawah naungan yayasan Al Falah memiliki rentang usia sekolah, dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Namun harapan dari pemilik yayasan Al Falah, yakni Ibu Rosma, ingin sekali bisa membantu menyekolahkan anak asuhnya hingga lulus dari perguruan tinggi.

            Rasa senang dan haru selalu dirasakan Ibu Rosma, ketika banyak anak asuhnya yang berhasil lulus dari sekolah, apalagi dengan prestasi nilai yang bagus. Harapan beliau hanya satu, ingin semua anak asuhnya menjadi orang yang berguns dan bisa menggapai cita-citanya kelak.

            Bila punya keinginan baik janganlah dipendam sendiri karena setiap niat baik haruslah disebarluaskan agar makin banyak orang yang ingin ikut berbagi dalam kebaikan. Seperti yang Hj. Nurlaili lakukan pada saat membangun yayasan Al Falah, yang menggandeng semua anggota pengajiannya, turut sumbangsih untuk membantu membiayai anak-anak sekolah.

            Perjuangan dan harapan Hj. Nurlaili tentu sama halnya seperti Kapiler Indonesia. yang turut hadir menjadi jembatan bagi orang-orang baik di penjuru negeri, agar dapat berbagi kepada adik-adik panti asuhan. Bersama Kapiler Indonesia, mari berdayakan dan sejahterakan panti. Panti Go Digital!

Follow instagram kita di @kapiler_id 

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(