23 10-18

Pentingnya Bimbingan Minat dan Bakat Anak Di Panti Asuhan

avatar

Oleh   Development

Kategori   Program Kerja Kebutuhan

            Setiap anak yang lahir pasti diberikan bakat atau keterampilan dari Tuhan, tidak terkecuali anak-anak di panti asuhan. Meski hidupnya kurang beruntung karena jauh dari orang tua atau orang tua yang meninggal dunia, tidak mempengaruhi bakat dan potensi mereka sebagai seorang manusia. Tergantung bagaimana kita bisa mengarahkan dan membimbing mereka ke jalan yang mereka inginkan, sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.

            Kebanyakan dari panti asuhan kurang memperhatikan potensi yang anak asuh miliki. Karena minimnya jumlah pengurus, sehingga fokus mereka sehari-hari untuk mencari pemenuhan kebutuhan hidup dan biaya sekolah anak dan lain-lain.

            Meskipun kadang ada anak yang sudah diketahui bakat dan kemampuannya, tapi masalah lainnya timbul. Seperti kurangnya arahan atau bimbingan terkait bakat anak tersebut sehingga ada rasa tidak percaya diri dalam hati anak, padahal dia mampu melakukannya.

            Di sisi lain, dari aspek fasilitas panti asuhan pun jadi pertimbangan. Misalkan untuk anak yang memiliki minat dalam bidang menggambar atau kerajinan tangan lainnya, yang membutuhkan media untuk mengasah kemampuan, bisa terhambat karena tidak ada fasilitas dan biaya yang dimiliki panti asuhan.

            Akhirnya, banyak anak panti asuhan yang kebingungan setelah anak asuhnya lulus dari SMA/SMK. Kebanyakan mencoba bekerja dengan peluang yang ada, meski tidak sesuai dengan bakat atau minat yang mereka miliki. Meskipun ada anak asuh yang memiliki lanjut ke tingkat perguruan tinggi.

            Dari situ, Kapiler Indonesia berusaha mencari jalan bagaimana caranya bisa memecahkan masalah tersebut. Panti Berkarya menjadi salah satu program unggulan Kapiler Indonesia, untuk membantu mengatasi kendala pengarahan minat dan bakat anak-anak panti asuhan. Program ini dirancang untuk memberikan berbagai macam pelatihan kepada anak-anak panti asuhan secara gratis. Tentunya kegiatan pelatihan ini tidak hanya dari satu ketrampilan saja, akan banyak ilmu dan keahlian yang akan mereka dapat, dari berbagai bidang keahlian.

            Dengan hadirnya program Panti Berkarya ini, diharapkan bisa menjadi referensi bagi anak-anak panti asuhan, ingin menjadi apa mereka setelah lulus sekolah nanti, atau ingin membuka usaha apa nanti. Berdayakan anak-anak panti asuhan sama dengan membantu generasi penerus bangsa Indonesia.

            Bersama Kapiler Indonesia, berdayakan dan sejahterakan panti asuhan. Panti Go Digital!

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(