26 10-18

Hari Blogger Nasional: Genggam Dunia Dalam Kata

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Program Kerja

Luasnya dunia mungkin bisa kita jelajahi dengan mendatangi setiap destinasi di setiap negara. Tapi, dipastikan membutuhkan pengorbanan yang begitu besar. Dari biaya, waktu dan tenaga pasti tercurah begitu banyak. Kenapa tidak coba dengan perspektif lain yang lebih memungkinkan bagi kita semua. Menjelajahi dan menikmati indahnya dunia melalui tulisan yang disusun rapi dari kata demi kata, menjadi sebuah kalimat.

Di era globalisasi ini kita bisa dengan mudah menemukan sebuah tulisan, baik itu sebuah artikel yang berisi penjelasan mengenai suatu hal atau tempat, atau catatan harian seseorang yang tinggal di luar negeri. Orang-orang yang gemar menulis pasti akan membuat catatan, apabila mendapati pengalaman menarik dalam hidupnya. Banyak juga yang menjadikan pengalamannya sebuah buku bacaan, agar detiap orang bisa merasakan apa yang dia alami. Tapi pada jaman ini, para penulis yang belum sanggup mencetak dan menerbitkan tulisannya mempunyai sebuah wadah yang luar biasa bermanfaat, yaitu web log (blog) 

Meskipun kini banyak bentuk dari blog selain dari tulisan, seperti video blog misalnya. Tapi blog sendiri tetap punya daya tarik tersendiri bagi orang yang suka membaca. Catatan perjalanan yanng dikemas menarik, disertai berbagai pengalaman unik sang penulis, akan menambah pengetahuan bagi pembaca sekaligus alternatif hiburan di waktu lenggang kita, atau kita memang sengaja mencari referensi suatu tempat tertentu.

Perkembangan dunia menulis sudah makin berkembang sejak adanya media blog dari Pyra Labs, sebagai tools untuk menulis bagi para blogger, sebutan untuk orang yang gemar menulis melalui media blog. Era blogger mulai berkembang sejak tahun 1998-2001, disebut sebagai generasi pertama, lalu generasi kedua di tahun 2001-2002. Di era ini banyak inovasi yang muncul, seperti blog audio (podcast), blog fotografi dan blog video (vlog). Berikutnya generasi ketiga, dimulai sejak tahun 2004 banyak blog kedua dari orang-orang yang sudah memilki blog jurnal. Biasanya menggunakan wordpress.

Tanggal 27 Oktober tahun 2007 silam, Hari Blogger Nasional sebenarnya dikenal sebagai Pesta Blogger. Waktu itu Menteri Komunikasi dan Informatika yang dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh, membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi blogger di seluruh Indonesia. Akhirnya, beliau menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Empat tahun berlalu sejak 2007, Pesta Blogger diubah namanya menjadi event On Off Indonesia (OnOffID). Peringatan yang tadinya hanya untuk ajang pertemuan para blogger se Indonesia, kini konsepnya di ubah dengan menambahkan unsur bisnis. Agar sebuah blog nantinya bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain sebagai tempat curahan hati para blogger, diharapkan blog ini bisa memperluas jarinngan pertemanan, menjadi salah satu sumber penghasilan, dan lain-lain.

Dewasa ini pun semakin marak para blogger yang mulai menggerakkan konten blog mereka untuk ke arah lain. Misalnya untuk bisnis, jejaring pertemanan, pendidikan, dan dunia sosial. Khususnya Kapiler Indonesia, memanfaatkan blog sebagai media untuk berbagi kisah-kisah para pejuang di panti asuhan. Mulai dari awal mula panti asuhan didirikan, kisah perjuangannya dalam mempertahankan panti asuhan, serta prestasi yang anak-anak panti asuhan dapatkan meski dalam keterbatasan.

Selain berusaha mengangkat kisah dibalik berdirinya panti asuhan, blog Kapiler Indonesia pun diharapkan bisa menjadi inspirasi dan wawasan bagi masyarakat tentang panti asuhan. Membuat masyarakat yang punya pandangan miring terhadap panti asuhan menjadi berbalik arah. Karena begitu banyak panti asuhan yang tulus membantu anak-anak yatim piatu dan dhuafa, bahkan membantu dan membimbing para orang tua dari anak-anak tersebut.

Karena pada dasarnya, begitu banyak orang yang peduli dengan masalah sosial khususnya panti asuhan. Namun karena minimnya informasi dan validasi terkait panti asuhan, keraguan dalam hati pun muncul. Dengan hadirnya Kapiler Indonesia, semua hambatan yang ada bisa teratasi.

Bersama Kapiler Indonesia, mari Berdayakan dan Sejahterakan panti asuhan. Panti Go Digital!

Kunjungi website kami di http://kapilerindonesia.com/ dan follow instagram kami di @kapiler_id

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2011/10/27/18033547/hari.blogger.nasional.sejarah.dan.perkembangannya

https://techno.okezone.com/read/2015/10/27/207/1238886/hari-blogger-nasional-ini-sejarahnya-di-indonesia

https://www.maxmanroe.com/sejarah-hari-blogger-nasional-dan-perkembangan-blogger-dari-masa-ke-masa.html

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(