05 12-18

Hari Relawan Nasional: Ikhlas Tanpa Batas

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Program Kerja Kebutuhan

 

Relawan adalah sebuah kata yang familiar di telinga kita, apabila terjadinya bencana alam. Tapi relawan tidak hanya sebatas itu, relawan memilki arti yang lebih luas dan global. Istilah relawan dianggap sebagai aktivitas di mana individu atau kelompok memberikan layanan tanpa keuntungan finansial untuk menguntungkan orang lain, kelompok atau organisasi atau dengan kata lain ikhlas. 

Begitu mulia bagi seseorang yang mau menjadi seorang relawan, baik untuk situasi bencana alam, pembangunan dan lain-lain. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1971 mendirikan Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Volunteers (UNV), hingga saat ini PBB mengadvokasi peran relawan atau volunteerism dalam pembangunan serta diikutsertakan dalam proyek kemanusiaan maupun penjaga perdamaian.

Bila organisasi terbesar di dunia ini pun menganggap peran relawan adalah hak yang krusial, tentunya ini menjadi sebuah contoh yang luar biasa positif. Hal ini menjadi kenyataan bahwa dunia memang butuh orang-orang hebat yang berjiwa besar, orang-orang ikhlas dan memiliki motivasi, bagaimana dengan kehadiran dirinya bisa membuat perubahan yang lebih baik.

Kultur relawan atau volunteer itupun menjadi salah satu faktor besar yang mampu membuat Kapiler bisa memberi dampak lebih untuk masyarakat khusunya panti asuhan. Program unggulan dan utama yang diusung Kapiler untuk para teman-teman relawan adalah program Main ke Panti.

Sesuai dengan nama programnya Main ke Panti, di sini Kapiler bersama teman-teman relawan dari berbagai komunitas sosial, berkunjung ke panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan. Baik itu secara materi, bantuan logistik seperti perlengkapan sekolah atau ibadah.

Kehadiran program ini ternyata melebihi ekspektasi tim Kapiler, bahwa program MKP Kapiler ternyata memiliki daya tarik bagi para komunitas dan relawan yang ingin berbagi ke panti asuhan. Hingga saat ini program MKP Kapiler sudah berjalan hingga MKP yang ke-9. Hal itu menunjukkan bahwa program ini sangat sinergi dengan kebutuhan panti dan wadah yang baik bagi para orang baik di luar sana.

Tidak berhenti sampai di situ, saat ini Kapiler sedang merancang untuk program MKP ke-10 dan mengundang semua teman-teman bisa berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Main ke Panti ke-10. Tidak hanya bersenang-senang dan bermain bersama adik panti, kita juga bisa mengetahui bagaimana kita mengenal, berinteraksi, dan bermain dengan adik-adik panti. Tunggu update selanjutnya dari MKP 10  yaa Sahabat Panti!

Tapi bagaimana jika "Aku belum bisa ikut ke panti, tapi mau banget ikut," "saya mau bantu tapi bingung mau beri bantuan apa?"

Sahabat Panti tidak perlu khawatir, karena Kapiler punya solusinya. Yuk, gabung Kapiler di program Influencer Panti. Meski belum mampu secara materi, bukan berarti kamu nggak bisa ikut berperan membangun panti lho. Hanya dengan berbagi informasi dan inspirasi, kamu bisa menunjukkan kepedulianmu dan mengambil sikap untuk peduli panti.

Klik link berikut untuk bergabung dan mulai berbagi:
http://bit.ly/influencerpanti 

 

#KapilerID #PantiGODIGITAL #PantiBerdaya #HariRelawanInternasional 

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sukarelawan 

http://digilib.uinsby.ac.id/9961/5/bab 2.pdf 

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(