03 01-19

Hari Lingkungan Hidup Indonesia: Pelihara Lingkunganmu Untuk Kualitas Hidup yang Baik

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Program Kerja

 

Kehidupan manusia sangat erat hubungannya dengan lingkungan tempat dia tinggal. Kenapa demikian, karena setiap aktivitas manusia membutuhkan peran lingkungan, baik untuk makan, minum, bekerja, bahkan untuk beristirahat. Namun yang terjadi pada era ini lingkungan menjadi perhatian dari masyarakat dan pemerintah. Pasalnya, masyarakat sudah mulai merasakan dampak yang ditimbulkan akibat dari pembangunan dalam berbagai bidang, dan pengaruhnya terasa untuk kesehatan mereka sendiri.

Banyak kejadian terjadi tentang penyakit-penyakit pada manusia yang disebabkan oleh lingkungan. Apabila lingkungan sudah rusak dan tercemar, maka proses terjadinya berbagai penyakit akan semakin mudah. Bila kita telisik lebih dalam, penyebab munculnya penyakit tersebut karena ulah manusia itu sendiri atau ulah kita baik secara sadar atau tidak. Karena banyaknya kerusakan yang ditimbulkan akibat aktivitas kita yang berdampak langsung terhadap lingkungan dan tidak ada penanggulangan dengan aktivitas kita tersebut. Yang terjadi alam menjadi rusak, sebab selalu di eksploitasi tanpa ada tindak lanjut untuk pengelolaan kembali.

Contoh paling dekat dan sederhana adalah membuang sampah sembarangan. Entah itu di sungai, di jalan, atau di mana pun. Itu menggambarkan betapa kita tidak peduli terhadap lingkungan kita sendiri. Yang paling terasa memang ketika ada masyarakat tinggal di dekat bantaran sungai dan membuang sampah di sungai sudah menjadi kebiasaan. Apa yang terjadi bila hujan lebat datang dan menerpa dalam kurun waktu yang cukup lama, sudah pasti bencana banjir, karena tersumbatnya saluran aliran sungai oleh sampah.

Banyak contoh lain akibat aktivitas kita terhadap lingkungan yang berakibat buruk. Pembalakan liar (ilegal logging), penangkapan ikan ilegal (ilegal fishing), dan masih banyak yang lainnya. Salah satu istilah yang menggambarkan dampak dari kerusakan alam kita kenal dengan Global Warming.

Apakah kita akan diam saja dan terus melakukan kegiatan yang merugikan diri kita sendiri? tentu saja tidak. Dengan adanya Hari Lingkungan Hidup Nasional pada 10 Januari, menjadi sebuah peringatan untuk kita, agar selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kita harusnya mulai menerapkan kehidupan yang bisa melestarikan lingkungan, diawali dengan hal-hal kecil dan mudah dilakukan hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Seperti membuang sampah pada tempatnya, hemat listrik, hemat air, meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mari jadikan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional ini sebagai penggerak semangat kita menuju kehidupan yang lebih baik dengan menjaga lingkungan kita sebaik-baiknya. Demi kita dan bumi pertiwi tercinta.

#KapilerID #PantiGODIGITAL #PantiBerdaya #Harilingkunganhidup #senyum #anak #panti #donasi

 

Febrimantara/Kapilerindonesia

 

Sumber:

http://www.academia.edu/8496493/PENGARUH_LINGKUNGAN_SEHAT_TERHADAP_STATUS_KESEHATAN 

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(