05 04-19

Bekal Bulanan Berdaya: Ciptakan Panti Mandiri

Nama Panti   Kapiler Indonesia

Kategori   Makan Uang TunaiInfrastruktur

Donatur Tetap

Jumlah Donatur Yang Dibutuhkan 1/3000
Donasi Terkumpul Perbulan Sisa hari
Rp. 2,101,580 Tanpa Batasan Hari
minimal donasi Rp. 100,000

Yuk, donasi untuk program pemberdayaan Kapiler untuk panti melalui program Bekal Bulanan Berdaya (BBB) berikut:
(Scroll/swipe ke bawah untuk melihat info selengkapnya)

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Pernah nggak kamu membayangkan kenapa dari tahun ke tahun nasib atau kondisi panti asuhan pada umumnya begitu-begitu saja? Padahal zaman terus berkembang dan teknologi semakin canggih.

 

Kami menemukan tiga penyebab utama dari hasil pengamatan dan kunjungan Kapiler ke panti selama ini:

 

1. Manajemen Panti Tidak Terorganisir dan Kurangnya Peremajaan Panti

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Manajemen yang kurang baik ini disebabkan karena pengurus panti yang melakukan inisiatif pembangunan panti namun kurang diimbangi dengan pengetahuan yang cukup untuk mengelola panti. Sedangkan urgensi untuk menghadirkan panti di lingkungannya sudah tidak bisa dihindarkan. Salah satu akibatnya ialah penerimaan anak asuh tanpa seleksi yang baik, misalnya sang anak yang masih memiliki orang tua namun orang tua tersebut malas membayar kebutuhan sehari-harinya dan pengasuhan anak dalam satu panti yang melebihi batas wajar untuks setiap ukuran panti.

Hal lainnya seperti standar pola pengasuhan anak, standar pengelolaan keuangan, dan standar pengarsipan data administrasi juga kurang diperhatikan oleh panti pada umumnya. Selain itu, sebagian panti asuhan memiliki permasalahan besar dalam peremajaan pengurus panti. Saat ini, sebagian panti hanya diurus oleh pengurus yang sudah berusia lanjut dan terancam tidak memiliki generasi penerus untuk mengelola pantinya.

 

2. Kurangnya Pendidikan Alternatif dan Pengabdian ke Panti Pasca Kelulusan di Panti

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Wawasan akan cita-cita bagi anak panti pada umumnya kurang dikarenakan akses terhadap informasi yang belum terbuka lebar. Sedangkan latar belakang dari anak-anak panti menyebabkan sebagian dari mereka kekurangan rasa percaya diri (inferior) kepada lingkungan luar, khususnya teman sebayanya.

Apalagi, perlu adanya pengarahan dalam menentukan mimpi yang dapat disesuaikan dengan era digital seperti sekarang ini. Maka, pengembangan anak menjadi lebih tepat dan cepat dengan penyesuaian kebutuhan global akan sumber daya manusia yang adaptif dan inovatif.

Karena itu perlu adanya akses informasi dan pendidikan alternatif untuk bisa mempercepat kemampuan dan orientasi hidup anak-anak panti dalam proses bertumbuh. Pendidikan alternatif tersebut juga diiringi dengan peningkatan kualitas karakter sehingga terbentuk kepribadian yang berakhlak baik dan berdaya saing dalam meniti karir dan hidup.

 

3. Panti Sangat Bergantung Pada Donasi Namun Hanya Menutup Sebagian Kebutuhan

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Dan yang terakhir adalah bagaimana menghidupkan anak-anak panti yang notabene berjumlah banyak dalam satu panti secara berkelangsungan. Permasalahannya adalah para pengurus panti biasanya memang mengawali untuk membangun panti karena rasa kepedulian yang tinggi dan empati yang dalam terhadap anak-anak terlantar, khususnya anak yatim piatu dan dhuafa. Dengan niat yang kuat itu mereka membangun panti asuhan. Sayangnya, hal tersebut tidak diiringi dengan kemampuan fundraising untuk bisa menjalankan panti asuhan dengan pemasukan dan pengeluaran yang baik.

Namun, tidak dipungkiri bahwa kesulitan itu hadir dan terasa sangat ketika menghadapi soal keuangan dalam menghidupi anak-anak ini. Akhirnya mereka mengandalkan bantuan dari tetangga dengan membawa proposal sebisa mereka. Kenapa tidak panti menciptakan suatu kemandirian dengan menghadirkan ragam usaha dari potensi masing-masing panti sehingga mereka tidak lagi sangat bergantung pada pemberian orang lain?

 

Karena itulah, Kapiler merancang sebuah program unggulan dan utama untuk menyejahterakan panti melalui tiga sektor. Program tersebut kami beri nama dengan:

"Panti Mandiri"

 Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

 


 

Panti Mandiri adalah program pemberdayaan untuk menghasilkan panti yang mandiri dan sejahtera. Terdiri dari tiga sektor pengembangan, yaitu:
1. Pelatihan Manajemen Dasar Panti
2. Pembinaan Adik Asuh Panti
3. Usaha Berbasis Panti

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

Tiga sektor ini menjadi inti pengembangan dan pematangan panti, bertujuan:
1. Pengelolaan panti menjadi baik dan terstandarisasi sehingga panti menjadi 'sehat' baik secara administrasi maupun keuangan.
2. Adik panti memiliki peluang bersekolah dan berkarir yang lebih besar dengan menyesuaikan era saat ini.
3. Panti memiliki kemandirian dalam memperoleh biaya penghidupan berkesinambungan baik itu untuk pengurus, operasional ataupun kebutuhan dasar lainnya khususnya bagi anak asuhnya.

Kapiler bekerjasama dengan Puskessos (Pusat Kesejahteraan Sosial) Muhammadiyah Depok dalam menghadirkan Peksos atau Pekerja Sosial. Peksos ini nantinya akan mendampingi para pengurus panti dan melakukan standarisasi untuk menghasilkan sistem pengelolaan dan pembinaan panti asuhan yang baik.

Kapiler Indonesia Donasi Online Anak Panti Asuhan Komunitas Lembaga Yayasan Berdaya

 


 

Kami percaya dengan adanya kerjasama antara Kapiler, Panti Asuhan dan Puskessos akan menciptakan sinergi dalam mewujudkan visi memberdayakan panti se-Indonesia. Berawal dari kota Depok, dimulai dari panti asuhan Muhammadiyah Darul Ilmi di Kecamatan Beji.

 

Namun, untuk mewujudkan visi tersebut kami membutuhkan dukungan dari Sahabat untuk bisa memastikan Kapiler bersama semua mitra untuk bisa melangkah dengan pasti. Bersama kita hadirkan kemandirian untuk panti asuhan. Visi Kapiler, visi panti asuhan, visi bangsa Indonesia untuk membangun negeri.


----------


Berikut cara berdonasi melalui Website Kapiler:

1. Klik tombol donasi dibawah (warna jingga)
2. Masukan identitas dan nominal
3. Transfer sesuai no rekening yang dipilih
4. Confirm, Kamu sudah membantu Adik Asuh Panti Sakinah

----------


Selain itu kamu juga dapat berdonasi melalui Aplikasi Kapiler:
Download di Aplikasi Kapiler

1. Klik tombol donasi
2. Masukan nominal
3. Pilih Panti
4. Pilih "Panti Sakinah" 
4. Transfer sesuai no rekening yang dipilih
5. Confirm, Kamu telah membantu adik Panti Sakinah


----------


Yuk, donasi sekarang dan ikuti langkah-langkahnya. Terima kasih, Sahabat!

 

#Kapiler #Panti Berdaya #DonasiJadiMandiri

Belum ada info perkembangan :)