14 08-18

Muda Berkarya Berdaya : Pelatihan Pemberdayaan Panti yang Berdampak dan Berkelanjutan

avatar

Oleh   Marketing Team

Kategori   Program Kerja Kebutuhan Acara

Sebelum mulai pelatihan, kak Barlian Juliantoro sebagai COO Kapiler Indonesia yang paling keceh, memberikan pemaparan dasar terkait Kapiler seperti mengapa Kapiler hadir, aktivitas yang dilakukan hingga saat ini dan bagaimana Kapiler ingin menghadirkan dampak bagi panti melalui platform digital. Kapiler Indonesia ingin mewujudkan panti yang berdaya sehingga mandiri dan sejahtera. Kapiler ingin menjadi penghubung antara panti-panti dengan orang-orang baik yang ada di Indonesia.

Menjadi tantangan bagi tim Kapiler untuk membuat panti bisa mengikuti perkembangan zaman dan menjadi modern dengan penguasaan teknologi dalam pengelolaan manajemen panti. Karena itulah tim Kapiler menghadirkan kak Abidah Syauqina untuk merangkul para pengurus panti memahami pengelolaan keuangan dan mengajarkan secara langsung melalui praktik simulasi dan contoh-contoh kasus dalam keuangan. Bekal dari kak Abidah menjadi sangat penting bagi para pengurus panti agar bantuan yang diberikan oleh orang-orang baik benar-benar tersalurkan secara maksimal dan efisien.

Kegiatan ini di sambut hangat dengan datangnya Dinas Sosial Kota Depok, Pak Kafrawi. Pak Kafrawi mendukung Kapiler Indonesia untuk membangun sistem pendataan panti secara digital, memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait panti dan pengajuan proposal secara cepat dan mudah, "Apa yang sudah dilaksanakan oleh Kapiler sudah sangat baik sekali. Program ini mendorong, mengarahkan panti untuk punya kemandirian. Diajari bagaimana (mengelola) keuangan, panti itu ngga selamanya tangah di bawah. Dengan berbisnis, bisa (menjadikan panti) tangan di atas". Jelas Bapak Kafrawi, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Sabtu 11 Agustus 2018.

Sesi terakhir, ada kak Dika Pratama selaku CTO Kapiler Indonesia yang akan mendampingi para pengurus panti menggunakan situs Kapiler dan memanfaatkannya untuk manajemen panti dan memuat program atu aktivitas panti. Melalui situs Kapiler, pengurus panti bisa melengkapi profil panti mereka secara mudah dan rapi. Kak Dhika mengajarkan dan mendampingi satu per satu pengurus panti yang masih belajar memahami penggunaan di situs Kapiler. Mulai dari cara penulisan nama panti, pemilihan jenis dan status panti, data-data yang dibutuhkan sebagai standar informasi panti, pendataan anak asuh, hingga foto-foto yang menunjang suasana di panti sehingga memudahkan orang-orang baik menemukan panti tersebut.

Pada sesi ini tim Kapiler memastikan bahwa Panti Mitra Kapiler sudah siap dari mulai mendaftar dan terverifikasi di situs Kapiler hingga membuat program berdaya di Kapiler. Panti menjadi modern, mudah diakses, terpercaya, produktif, berdaya dan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar, sehingga menginspirasi masyarakat. Mengubah segala keterbatasan yang ada menjadi tantangan. Untuk berubah dan maju menjadi lebih baik.

Panti Go Digital!

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/08/13/pddldo396-berdonasi-kini-lebih-mudah-via-online-panti-go-digital

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(