30 08-21

Weekend Jadi Asyik dengan Mengajarkan Skill Baru Adik-adik Panti!

avatar

Oleh   Development

Kategori   Program Panti

 

Setiap akhir pekan biasanya jadi waktu bagi kita buat bersantai ria setelah diisi dengan padatnya kegiatan di hari kerja. Hayo apa yang kalian lakukan untuk mengisi waktu libur di hari sabtu dan minggu? biasanya sih kita kalau weekend pasti waktunya main game atau nonton drama korea nonstop bener ga tuh?

Tapi pasti sahabat panti bosen kan kalau setiap weekend diisi dengan kegiatannya itu-itu terus. Nah Kapiler ada referensi nih buat sahabat supaya hari liburnya bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Mau tau kegiatannya apa ?

Upgrade skill Adik-adik Panti!
Jadi adik-adik kita di Panti Daarul Ma'wa sudah beberapa bulan ini memperoleh program life skill. Bentuk pelatihannya itu bervariasi dan setiap minggunya adik-adik ini mendapatkan ilmu baru untuk mengasah soft skill yang mereka miliki. Materi yang diajarkannya mulai dari kegiatan membuat pastel abon, bubur sumsum biji salak, sabun cuci piring, dan kelas fotografi. Menarik kan?

ket foto: kue hasil karya adik Panti Daarul Ma'wa

Biasanya para pengurus di Panti Daarul Ma'wa mengundang para donatur atau teman yang ahli di bidangnya untuk mengajarkan anak-anak mereka berbagai keterampilan. Tujuan dari kegiatan ini memberikan bekal buat anak-anak SMP & SMK di Panti Daarul Ma'wa agar siap menghadapi dunia setelah sekolah atau dunia kerja.

ket foto: hasil karya foto adik Panti Daarul Ma'wa

Kelas Fotografi
Pada tanggal 22 Agustus kemarin, adik-adik kita di Panti Daarul Ma'wa baru saja mengikuti kelas fotografi bersama kakak-kakak yang ahli di bidang fotografi. Ada 11 orang anak yang hadir dalam kelas fotografi tersebut. Kegiatannya yaitu dimulai dari pemaparan materi tentang fotografi kemudian sampai kegiatan praktiknya. Yang mana masing-masing anak harus mengambil 8 contoh gambar kemudian setelah itu dipresentasikan di depan teman-teman yang lainnya. Seru banget ya kegiatanya, weekend adik-adik disana jadi bisa lebih bermanfaat dan tidak lagi menjadi kaum rebahan :D

ket foto: hasil karya foto adik Panti Daarul Ma'wa

Selain mengasah keterampilan mereka, dari kegiatan ini juga bisa menjadi peluang menambah uang jajan adik panti loh, karena hasil kreasi mereka seperti membuat pastel abon, bubur sumsum biji salak dapat dikelola oleh para pengurus untuk ditawarkan kepada para donaturnya. Jadi kegiatan ini banyak sekali manfaatnya & bisa menjadi salah satu ide yang bisa di contoh oleh adik-adik di panti lainnya di Indonesia untuk membuat program pemberdayaan dan ide mengelola bisnis. 

Bagi sahabat panti yang mau ikutan terlibat untuk mengajarkan langsung keahlian sahabat ke adik-adik di panti, bisa loh menghubungi Kapiler/Pengurus Panti Daarul Ma’wa (profil panti). Selain mengajar langsung ke panti sahabat pun juga turut berperan mewujudkan panti yang mandiri dengan berdonasi pada program pemberdayaan Kapiler di Panti Mandiri ya!

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(