28 10-21

Berawal dari aksi Positif Generasi Muda, Perubahan itu terjadi!

avatar

Oleh   Development

Kategori   Hari Besar

Setiap tanggal 28 Oktober di Indonesia diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tepat 92 tahun lalu, di tanggal 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda diikrarkan oleh pemuda di zaman itu seperti M. Yamin, Sugondo Djojopuspito, Amir Sjarifuddin, Johanes Leimena, dan WR Soepratman, dalam Kongres Pemuda II.

Sumpah ini dianggap sebagai  semangat  menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu bahasa Indonesia. Sumpah ini juga memuat banyak nilai-nilai positif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain patriotisme, gotong-royong, persatuan dan kesatuan, cinta damai, dan tanggung jawab.

Momentum hari sumpah pemuda di tengah pandemi Covid-19 menjadi suatu pengingat bagi para kamu generasi muda bahwa “Yang muda yang membawa perubahan”.  Maka dari itu peran aktif kaum pemuda untuk memutus mata rantai penularan virus dan menanggulangi dampak pandemi yang multidimensi sangat diperlukan.


Sebagai generasi muda apa saja ya peran aktif yang bisa kita lakukan agar bisa bangkit bersama?

Peran aktif itu bisa kita mulai dari hal-hal kecil, pertama kemanapun kita pergi harus selalu taat pada protokol kesehatan. Dengan kita selalu disiplin menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menjaga Kesehatan ini suatu langkah kecil yang membawa perubahan besar untuk memutus mata rantai covid 19.

Selain itu, di era digitalisasi saat ini banyak sekali berita hoax mudah tersebar di laman media sosial dan berbagai konten tidak baik yang viral di media sosial. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus lebih peduli lagi dalam memilih sumber informasi, kita harus mengkurasi dan mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari informasi yang kita terima jangan hanya menerimanya mentah-mentah. Terkadang kita pun dengan mudahnya menekan tombol share. Tanpa kita sadari, hal itu membawa perubahan besar. Perubahannya positif atau negatif itu tergantung pada konten sosial media yang seperti apa yang kita sebar ke khalayak umum. Jadi mulai sekarang kita harus lebih pintar dalam bersosial media ya Sahabat.

Dan terakhir, sebagai penerus bangsa kita harus memiliki semangat meraih prestasi dan mewujudkan cita-cita kita. Termasuk membantu adik-adik kita yang tinggal panti asuhan yang sulit mewujudkan hal tersebut karena tidak bisa melanjutkan sekolahnya akibat keadaan perekonomian. Maka dari itu, ayo kita bantu bersama mencerdaskan anak-anak muda generasi penerus bangsa dengan membantu biaya Pendidikan mereka melalui program "Beasiswa Anak Hebat". 

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(