20 11-21

Hak Anak Sedunia, Makna Bagi Hidup Anak Indonesia

avatar

Oleh   Development

Kategori   Hari Besar

Apakah Sahabat tahu kalau setiap tanggal 20 November itu diperingati sebagai hari Anak Sedunia?

Hari Anak Sedunia ditetapkan usai tampak penderitaan anak-anak di Eropa usai Perang Dunia II. PBB pun turun tangan untuk menyediakan makanan dan pakaian serta perawatan kesehatan bagi anak-anak. Hari Anak Sedunia diperingati untuk mempromosikan cita-cita dan tujuan Piagam PBB serta kesejahteraan anak-anak dunia. Sejak saat itu, PBB menyarankan kepada pemerintah seluruh negara agar merayakan Hari Anak Sedunia pada tanggal 20 November dan dengan cara yang tepat.

Makna diadakannya hari Anak Sedunia ini adalah sebagai perwujudan usaha untuk memperjuangkan kesejahteraan anak dan untuk sebagai pengingat bagi semua kalangan untuk tetap memperhatikan hak-hak anak. Ada 10 Hak anak yang diamanatkan oleh PBB diantaranya yaitu; hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan Pendidikan, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk mendapatkan makanan yang sehat, hak untuk rekreasi, hak untuk Kesehatan dan enam hak lainnya. Yang benar-benar harus kita perhatikan.

Anak merupakan cikal bakal dari generasi penerus bangsa, maka anak harus diperhatikan hak-haknya dan diperlakukan sebagaimana usianya. Namun sayangnya sampai saat ini di negara kita Indonesia, masih banyak kita mendengar kasus eksploitasi kepada anak, masih banyak mendengar kasus anak berhenti sekolah dan anak-anak dipekerjakan. Hal ini semuanya berdalih alasan ekonomi.

Masalah ekonomi keluarga yang membuat banyak anak-anak tidak merasakan Pendidikan yang layak dan masa kecil yang indah sesuai dengan usianya yang harusnya bermain tetapi mereka harus membantu keluarganya bekerja. Hal ini menjadi tugas kita bersama, karena ini semua berkaitan dengan kondisi perekonomian negara kita.

Kini dengan perkembangan zaman, semakin banyak usaha yang dilakukan bersama untuk membantu mensejahterakan kehidupan anak-anak di Indonesia. Karena ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah tetapi menjadi tugas kita bersama. Maka dari itu, sudah banyak komunitas, Lembaga Swadaya Masyararak (LSM) yang bergerak di bidang anak seperti Save the Children, SOS Children’s Villages Indonesia dan yang lainnya. Salah satunya yaitu Kapiler Indonesia yang membantu kesejahteraan anak-anak yatim piatu dhuafa di seluruh Indonesia. 

Maka dari itu, jika Sahabat ingin menjadi agen perubahan mulailah dengan melakukan hal kecil. Karena dari hal kecil itu jika dilakukan secara konsisten dan berkala akan membawa perubahan yang lebih baik untuk masa depan anak-anak di Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Karena bibit yang unggul akan membawa perubahan yang baik untuk negeri kita tercinta ini. Hal kecil itu bisa kamu lakukan dengan membantu mereka disini 

Untuk memberikan komentar anda harus login terlebih dahulu

Komentar

Belum ada komentar :(