02 11-20

Bantu Salsa Melawan Penyakit Tumor

Nama Panti   Panti YPLB Nusantara

Kategori   Kesehatan

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 94.61%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 9,460,914 Selesai
dari target Rp. 10,000,000

Klik tab "Update Informasi" untuk melihat laporan penyaluran


 

Salsa, adalah seorang yatim yang mengidap tuna netra yang diurus oleh Yayasan Pendidikan Luar Biasa nusantara, Depok. Ia datang saat berusia enam tahun dan diurus di panti YPLB hingga kini umurnya 27 tahun. Ia tinggal di panti bersama puluhan anak berkebutuhan khusus lainnya. 

Gadis yang senang bernyanyi ini sejak awal pandemi merasa ada benjolan di vaginanya. Awalnya ia hanya diam, sampai dua bulan kebelakang hal itu mulai menggangu dan ia melaporkannya ke pengurus panti.

Selama itu pula pengurus panti memutuskan untuk menggunakan obat herbal. Setelah dua bulan pakai, kulit tumornya mengelupas namun di hari Jum’at (30/10/20) lalu Salsa berteriak kencang karena kesakitan, ia pun dilarikan ke RSUD Depok. 

Dari pemeriksaan Salsa mengalami infeksi pada tumor vagina yang sangat tinggi. Saat diperiksa, kadar infeksi Salsa ada di angka 29.000, sedangkan orang normal biasanya ada di angka 11.000, hal ini yang membuat infeksinya jika tidak segera di tangani bisa merambat ke bagian otaknya. 

Namun karena RSUD Depok belum bisa menangani tumor ganas atau kanker, pihak rumah sakit masih mencari rumah sakit rujukan yang mampu menanganinya namun dapat menerima pembiayaan dengan dana bantuan sosial. Dan karena hal ini jarang ditemukan, pihak rumah sakit belum dapat memastikan kapan Salsa bisa dirujuk.

Sejauh ini pihak rumah sakit berikhtiar memberi asupan yang baik dan sudah dimasuki dua kantong kalium karena badannya lemas. Namun pihak Rumah Sakit belum bisa memberitahu biaya perawatan dan obat Salsa di UGD sejak Jum’at kemarin, karena RSUD memiliki sistem di tumpuk di akhir.

Mohon doa dan bantuan donasinya agar Sassa dipermudah mendapat penanganan rumah sakit rujukan & bisa melanjutkan pengobatan hingga selesai, dengan cara:

1. Klik tombol 'DONASI'
2. Masukan identitas dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GOPAY, OVO atau Transfer bank)
4. Segera transfer sesuai nominal yang tertera
5. Confirm, Kamu sudah berbagi kepada adik-adik di panti asuhan.

Donasi yang Kamu salurkan kepada penerima manfaat, akan kami publikasikan ke dalam tab "Update Informasi".


Terima kasih, Sahabat Kapiler

16-12-2020

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji'un. Telah Berpulang Adik Kita, Salsa Melisa.

  • Senin, 14 Desember 2020
    Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un. Telah berpulang adik kita, Salsa Melisa pada tanggal 14 Desember 2020 pukul 13.30 di Panti YPLB Nusantara, Depok.
    Pada hari tersebut Almarhumah baru pulang dari RSCM untuk melakukan SWAB, sebelum rencananya Selasa (15/12/20) ini akan mulai dirawat untuk tindakan endoskopis di paru parunya.

    Setelah pulang dari RSCM, Salsa sempat makan, mandi dan bercanda dengan kawan-kawannya di kamar panti. Saat sedang disuapi buah, Salsa tiba tiba merasa tidak enak dan sesak nafas. Sebentar sekali, sebelum akhirnya meninggal dunia. 
  • Sebelumnnya sejak hasil kanker vulva Salsa Keluar bersamaan dengan hasil MRI (16/11/20), dokter dari pihak RSCM pun memberitahu bahwa ada banyak resiko yang terjadi jika tindakan dilakukan tanpa observasi lebih lanjut.

    Menurut dokter, ada kemungkinan Salsa akan menggunakan selang untuk buang air seumur hidupnya. Opsi amannya adalah dilakukan terapi radiasi dengan memanfaatkan sinar hingga mengecil sampai di operasi.
  • 18 November 2020
    Pada tanggal 18 November 2020 hasil biopsi keluar.

  • 25 November 2020
    Dari hasil biopsi didiskusikan dengan dokter di tanggal 25 November 2020 setelah membuat janji untuk konsultasi.

    Dokter menyarankan salsa melakukan MRI test dan CT scan untuk paru parunya di bagian pulmonologi. Setelah semua hasil ini keluar, tindakan akan didiskusikan dengan dokter-dokter terkait.

  • 1 Desember 2020
    Salsa melakukan tes MRI pada tanggal 1 Desember,

  • 3 Desember 2020
    Salsa melakukan CT SCAN pada tanggal 3 Desember.

  • 11 Desember 2020
    Pada hari Jum'at, 11 Desember lalu tim Kapiler Indonesia berkesempatan menemani Salsa ke RSCM dan mengadakan simbolisasi penyaluran tahap dua sebesar Rp 100.000.000, untuk biaya tindakan Salsa beberapa hari kedepan.

    Pada hari tersebut hasil CT SCAN keluar dan langsung dikonsultasikan, ternyata ada nodul di paru paru salsa dan harus dilakukan tindakan untuk pengambilan sampel menggunakan endoskopi. Karena HB nya yang rendah, dokter menyarankan Salsa di rawat inap pada tanggal 15 Desember untuk transfusi dua kantong darah.

  • 14 Desember 2020
    Lalu pada Senin pagi tanggal 14 Desember kemarin, Salsa pergi ke RSCM untuk melakukan SWAB test sebelum dirawat inap keesokan harinya. Ternyata pada siang hari, Salsa berpulang ke sisi-Nya sebelum menjalani tindakan apapun.

    Pihak panti memilih mengikuti alur dari dokter dan setia menunggu hasil tes dari rangkaian observasi hingga sebulan lamanya. Dokterpun sudah melakukan yang terbaik. Namun takdir tidak ingin melihat Salsa merasakan sakit terlalu lama, hingga ia dipanggil tepat setelah rangkaian observasi ini berakhir.


    "Terimakasih kepada semua sahabat panti atas doa, bantuannya untuk Salsa, terima kasih telah menemani perjalanan Salsa untuk bisa sembuh. Semoga niat baik kita semua menjadi amal kebaikan di sisi Allah SWT & Semoga amal ibadah Almarhumah diterima di sisi Allah, dan ditempatkan yang terbaik di surga-Nya."

    Klik disini untuk melihat dokumentasi selengkapnya


    Sisa donasi di halaman galang dana Salsa, baik di Kapiler Indonesia dan Kitabisa.com akan Kapiler alokasikan untuk biaya pengobatan adik-adik panti asuhan lainnya. Salah satunya adalah bayi binaan panti Bina Remaja bernama Farel (1 tahun) yang mengalami Bronchopneumonia (Peradangan paru-paru). Penyaluran dan penggunaan donasi berikutnya akan selalu kami update pada halaman galang dana ini.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

30-11-2020

Update Hasil Lab Adik Salsa

  • Senin, 16 November 2020

Salsa mendapatkan hasil Lab nya. Ia didiagnosa mengidap Kanker Vulva dan Tumor Ganas berdiferensiasi buruk. Karenanya, Salsa membutuhkan kombinasi antara operasi, radioterapi, dan kemoterapi sebagai terapi penyembuhannya.

Rencananya Salsa akan menjalankan operasi di bulan depan, karena tumornya butuh tindakan secepatnya agar tidak menjalar. 

Salsa akan menjalani tes MRI (Magnetik Resonance Imaging) di RS Kencana pada awal Desember mendatang untuk mengetahui bisa atau tidaknya Salsa dioperasi, dan sejauh mana kanker sudah menjalar dalam tubuhnya. 

Karena kemarin paru-parunya sudah mulai terkena imbasnya, maka harus dilakukan konsultasi ke pulmonologi dan ada kemungkinan dilakukannya CT Scan.

Biaya dari penyaluran tahap 1 digunakan untuk membayar tunggakan pengobatan, rumah sakit, dan transportasi selama Salsa sakit dari bulan Agustus hingga Oktober, cek Lab, biaya Rumah Sakit, dan beberapa alat perawatan Salsa.

Biaya tersebut juga digunakan untuk mencukupi asupan suplemen Salsa, ketersediaan obat obatan dan penunjang perawatan Salsa di panti asuhan, selama bolak balik Rumah sakit untuk menjalani rangkaian penyembuhan.

Klik disini untuk melihat rincian penggunaan sebagian donasi tahap 1 

Terima kasih Sahabat Panti, mari doakan untuk kesembuhan adik kita, Salsa.

13-11-2020

Penyaluran Biaya Medis Salsa - Tahap 1

  • 12 November 2020
    Hari Kamis lalu, tim Kapiler Indonesia berkunjung ke panti Yayasan Pendidikan Luar Biasa nusantara (YPLB). Pada kesempatan tersebut kami bertemu langsung dengan Salsa yang kondisinya sudah membaik. Ia sempat bercerita terkait keluhan yang dialami & menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur yang telah membantu dan mendoakannya.

    Mba Hani selaku pengurus panti, bercerita bahwa sampai saat ini ia masih menunggu hasil Lab Sasa dari pihak RSCM. Kemungkinan hasil tes akan diperoleh lima hari dari sekarang.

  • Penyaluran Donasi Biaya Medis Salsa Tahap 1
    Pada hari yang sama Kapiler Indonesia telah menyaluran donasi sebesar Rp 100.000.000,- kepada pihak Panti YPLB. Donasi tersebut terhimpun dari ribuan donasi sahabat panti di platform galang dana Kapiler Indonesia & Kitabisa.com

"Allahuakbar.. Alhamdulillah.. Terimakasih, semoga Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah Nya atas niatan baik para donatur semua untuk membantu Sasa. Semoga Allah SWT memberikan kepada donatur sekeluarga, sehat, panjang usia, lapang rezeki, selamat dunia akhirat dan masuk surga Allah SWT tanpa hisab.. Aamiin YRA.." ucap Pak Sujono, Ketua Panti YPLB

  •  Penggunaan Donasi tahap 1
    Rencanaya donasi tersebut akan digunakan untuk mengobati tumor dengan estimasi* sebagai berikut:
    - Biaya Radioterapi sebanyak 25 kali sebesar Rp 62.500.000,-
    - Biaya Tunjangan Pengobatan selama 2 bulan sebesar Rp 14.000.000,-
    - Biaya Operasional Pasien selama 2 bulan sebesar Rp 6.000.000,-
    - Dana Darurat sebesar Rp 17.500.000,-

    *Kutiansi pembayaran pengobatan akan disertakan pada penyaluran tahap 2

    Berikut hasil rontgen perut Salsa yang menunjukan tumor sudah menjalar ke bagian tersebut.

    Penyaluran tahap 2 selanjutnya akan diakomodir untuk tindakan tumor dibagian tubuh Sasa, setelah rangkaian radioterapi selesai.

Terima kasih Sahabat, mari doakan terus kesembuhan adik kita, Salsa.

09-11-2020

Salsa Akhirnya Dibawa Ke RSCM

  • Selasa (3/11/20)
    Pada Selasa malam, Salsa akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menggunakan ambulans. Setelah beberapa saat menunggu untuk mendapatkan ruangan di UGD, Salsa di SWAB dan alhamdulillah hasilnya negatif. 

    Sasa diminta menunggu di ruangan UGD dan baru mendapatkan kamar rawat inap pada hari Rabu siang, esok harinya.

  • Kamis (5/11/20)
    Dokter meminta Salsa dirawat dulu untuk persiapan biopsi dan penentuan stadium. Salsa di biopsi dan sampelnya akan dibawa ke lab. Hasil lab akan keluar setelah 2 minggu, sehingga Salsa akan dipulangkan dulu ke Yayasan YPLB.

    Setelah hasil lab keluar, Salsa akan menjalani 25x radioterapi (penyinaran) dan akan bolak balik ke RSCM dari hari Senin sampai Jum'at hingga keseluruhan proses radioterapi selesai. Setelah proses selesai, akan ada CT Scan selanjutnya karena tumor sudah ganas dan menjalar ke paru paru Sasa.

    Terima kasih. Bantuan medis dari sahabat akan kami salurkan untuk biaya perawatan radioterapi dan pengobatan. Mari doakan terus kesembuhan adik kita, Salsa.