09 02-21

Program Panti - Berdayakan Panti melalui Usaha

Nama Campaigner   Panti Bina Insani Jepara

Kategori   Usaha

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 11.54%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 1,500,517 Selesai
dari target Rp. 13,000,000

Klik tab "Update Informasi" untuk melihat laporan penyaluran


Selama ini, banyak Panti Asuhan yang menggantungkan kecukupan dan pemenuhan kebutuhannya kepada donatur yang datang. Namun tidak sedikit juga panti yang berusaha untuk mandiri dan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, sebagaimana yang selama ini dilakukan Panti Asuhan Bina Insani, di Jepara. 

Semua berawal dari inisiatif anak-anak asuhnya, yang kemudian diketahui oleh Mas Alex selaku pengurus. Saat itu Mas Alex hendak membeli sarung, lalu salah seorang anaknya berkata, “Belinya di aku aja pak. Aku jualan online..” Sejak saat itu, barulah Mas Alex mengetahui bahwa anak-anak di Pantinya gemar berjualan online lewat whatsapp story dan facebook. Dari jualan kerudung, baju islam, sarung, dan lain lain. 

Setelah mengetahui hal tersebut di tahun 2017, akhirnya mereka membeli snack grosir dan membagi baginya di plastik kecil. Adik adik ini lalu berjualan door to door ke perumahan yang ada di Jepara.

“Saya kasih labelnya BIJ (Bina Insani Jepara), terus anak anak keliling. Ternyata yang beli tau kami dari panti asuhan, jadi belinya banyak atau ditambahin. Gitu anak-anak seneng dapet tambahan..” Mas Alex menjelaskan.

Sebagaimana panti lainnya, Panti Asuhan Bina Insani Jepara mengasuh anak-anaknya hingga lulus SMA dan setelahnya mereka bekerja pada orang lain. Mas Alex mengakui, setelah lulus dari panti asuhan anak-anaknya jadi diluar jangkauan dan kontrolnya. Namun karena tetap ingin anak-anaknya berdaya dan terbina, pengurus panti berinisiatif untuk memberikan wadah anak-anaknya untuk berbisnis.

“Sayang mbak, ada keinginan bisnis dan memang sudah jalan tapi dari kami ngga ngasih wadah. Ya setidaknya skill bisnisnya bisa terasah untuk bekal kedepan, disamping bisnis ini menambah pemasukan panti dan uang jajannya anak-anak.”

Di tahun 2020 kemarin, panti asuhan sudah mengajukan proposal ke YBM PLN untuk modal membuat warung. Alhamdulillah Panti mendapatkan kios untuk berjualan, dan sampai sekarang sudah berjualan jajanan ringan untuk anak-anak kecil.

 

  • Setelah berjalan kurang dari setahun, Mas Alex dan adik-adik panti menemukan masalah baru yang ada di lingkungan mereka, yaitu ketersediaan kios pulsa. Hal ini mulai dirasa sejak sistem Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan pemerintah.

Kebutuhan pulsa yang saat ini penting menjadi inspirasi untuk mereka membuka usaha ini. Karena adik-adik harus mengisi pulsa terus menerus untuk kebutuhan mereka belajar daring, namun keberadaan panti yang jauh dari pusat kota membuat adik-adik harus sering keluar dan membeli voucher maupun pulsa di kota. Lokasi panti yang juga kompleks dengan tower sinyal membuat panti tidak dapat memasang wifi.

 “Kalau anak-anak beli pulsa tuh kadang saya waswas. Jauh juga kan dari sini tempatnya. Tapi warga sini semua kalau mau beli pulsa memang harus kesana. Jadi saya terpikir, kenapa ngga saya pakai saja kesempatan ini buat anak-anak jualan. Selain nanti mereka beli di toko sendiri, warga sekitar juga bisa isi pulsa disini..” ujar Mas Alex bersemangat.

Panti Asuhan Bina Insani rencananya akan mulai berjualan pulsa dan voucher di kios tempat mereka berjualan cemilan kecil. Meski begitu, panti masih membutuhkan dana modal untuk membeli etalase dan ketersediaan barang yang akan dijual. Harapannya dengan usaha ini dapat menunjang pemasukan panti agar lebih mandiri.

Oleh karenanya, kami mengajak sahabat untuk bersedakah menghadirkan modal usaha. Dari hasil penggalangan dana ini, pihak panti berencana menggunakannya untuk menyediakan:

  1. 2 unit etalase 
  2. Wadah Voucher
  3. Modal Voucher

Dengan bantuan sahabat semua, kami berharap putra-putri kami dapat mempraktikan ilmu usahannya dan dapat membuat panti kami menjadi mandiri.


Mari bersedekah hadirkan modal usaha untuk adik-adik panti dengan cara:

1. Klik tombol 'DONASI'
2. Masukan identitas dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GOPAY, OVO atau Transfer bank)
4. Segera transfer sesuai nominal yang tertera
5. Confirm, Kamu sudah berbagi kepada adik-adik di panti asuhan.

Donasi yang Kamu salurkan kepada penerima manfaat, akan kami publikasikan ke dalam tab "Update Informasi".


Terima kasih, Sahabat Kapiler

12-06-2021

Kebaikanmu Telah Menghadirkan Usaha Baru Di Panti Ini

Pada 30 April 2021, donasi sebesar Rp 1.500.000,- telah Kapiler Indonesia salurkan kepada Mas Alex (selaku pengurus panti Bina Insani Jepara & penanggung jawab Campaign). 

  • 27 Mei 2021
    Mas Alex mengabarkan bahwa beliau telah membeli sebuah etalase kaca & sejumlah voucher paket internet. Melalui bantuan tersebut, kini anak asuh panti yang akan lulus sekolah telah memiki unit usaha baru untuk mengembangkan ilmu bisnisnya.

    Mereka pun kini sudah mulai belajar berjualan pulsa di depan panti. Selain adik panti, warga sekitar panti pun sangat terbantu dengan hadirnya usaha panti ini karena mereka bisa membeli voucher lebih dekat. 

Berikut video ucapan dari Adik Panti Bina Insani kepada kebaikan sahabat panti.

Profil panti selengkapnya dapat dilihat di Panti Bina Insani Jepara


Mari Sahabat bantu kebutuhan adik panti lainnya, dengan cara klik tombol dibawah ini:

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0812 8133 6070  (WhatsApp)

06-05-2021

Donasi Tersalurkan Rp 1.500.000

Pada 30 April 2021, donasi sebesar Rp 1.500.000,- telah disalurkan kepada Pak Alex (selaku pengurus panti & penanggung jawab Campaign).

Dana tersebut akan digunakan untuk membeli peralatan untuk sarana usaha voucher.

Kabar terbaru dan foto penyaluran akan dikabarkan lebih lanjut maksimal 2 minggu setelah penyaluran.