02 03-21

Bantu Hadirkan Laptop untuk Melayani Adik di Rumah Autis

Nama Campaigner   Rumah Autis Tanjung Priok

Kategori   Fasilitas

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 100%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 10,000,102 Selesai
dari target Rp. 10,000,000

Klik tab "Update Informasi" untuk melihat laporan penyaluran


 

Halo Sahabat Kapiler

Perkenalkan saya Bu Yuliana selaku pengurus Rumah Autis Tanjung Priok.

Rumah Autis Tanjung Priok adalah layanan daycare yang bertujuan untuk menjembatani kebutuhan akan tempat terapi maupun sekolah bagi penyandang disabilitas mental maupun anak berkebutuhan khusus (ABK) lainnya dengan biaya yang terjangkau bahkan gratis.

Anak-anak di rumah ini 85% nya berasal dari orangtua murid/keluarga pra-sejahtera. Sehingga biaya terapi di Rumah Autis ini juga jauh lebih murah ketimbang tempat terapi lainnya. 

Saat ini jumlah siswa yang ada di Rumah Autis Tanjung Priok ada sebanyak 86 anak dengan berbagai macam diagnosa, antara lain tunagrahita (down syndrome), autism spectrum disorder, tunadaksa, tunarungu, cacat ganda, dan lainnya. Mereka mayoritas berdomisili di kawasan Tanjung Priok, Pademangan, Koja.

Sehari-harinya biaya operasional Rumah Autis ini berasal dari kontribusi orang tua sang anak, namun kami tidak terlalu mempermasalahkan apabila orang tua menunggak bayar. Yang kami tekankan adalah komitmen anak untuk rajin hadir sesuai jadwal.

Rumah Autis setiap harinya berkegiatan menjalani beberapa program untuk anak anak, beberapa diantaranya seperti:
- Sekolah Pematangan Fondasi untuk anak usia 2-7 tahun,
- Sekolah Kemandirian Fungsional untuk anak usia 7-18 tahun,
- Terapi untuk anak-anak autis maupun tunawicara.

Kami juga mengadakan beberapa program untuk orang tua, yaitu konsultasi, Parents Support Group, Pusat pendampingan orang tua, dan lain lain. 

Rumah Autis ini memiliki pengurus berjumlah 12 orang, yang terdiri dari therapist, pengurus, dan pengajar. Mereka bekerja dengan mekanisme relawan sehingga bayaran yang diterima jauh dari UMR.

Untuk mengadakan banyaknya agenda dan kegiatan tersebut, pengurus Rumah Autis sangat mengandalkan laptop untuk mendukung manajemen programnya. Laptop-laptop ini digunakan untuk membuat dan menyampaikan materi di 8 kelas yang ada, seperti:
- membuat materi ujian,
- mendata evaluasi bulanan,
- kebutuhan administrasi sekolah,
- membuat kurikulum untuk program,
- dan kebutuhan lainnya.

Namun karena keterbatasan biaya operasional yang ada, saat ini Rumah Autis hanya memiliki 3 laptop yang dapat dioperasikan. Ketiga laptop ini pun kondisinya sudah terlalu lama sehingga dirasa oleh pengurus sangat lambat dan semua pengurus harus bergantian menggunakannya. 

Harapannya melalui Kapiler Indonesia, kami mengajak sahabat Kapiler untuk membantu kegiatan kami dalam membantu anak-anak Rumah Autis dengan menghadrikan sejumlah laptop. Dari hasil penggalangan dana ini, kami berencana menggunakannya untuk menyediakan:

- 3 unit laptop 


Mari berdonasi hadirkan laptop untuk membantu pengurus Rumah Autis melayani adik-adik disabilitas, dengan cara:

1. Klik tombol 'DONASI'
2. Masukan identitas dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GOPAY, OVO atau Transfer bank)
4. Segera transfer sesuai nominal yang tertera
5. Confirm, Kamu sudah membantu adik-adik di Rumah Autis.

Donasi yang Kamu salurkan kepada penerima manfaat, akan kami publikasikan ke dalam tab "Update Informasi".


Terima kasih, Sahabat Kapiler

09-04-2021

Laptop Dan Tab Baru Untuk Media Belajar Rumah Autis

Pada 7 April 2021, Kapiler Indonesia telah menyalurkan bantuan media pengajaran dan belajar Rumah Autis di Tanjung Priok, Jakarta Pusat.


Bantuan senilai Rp 10.000.000 dari Flip.id telah dialokasikan untuk membeli 1 unit laptop, 1 unit tab dan 1 unit mouse.

 

"Terima kasih atas bantuan yang berharga ini, Insya Allah akan bermanfaat buat guru-guru relawan dan adik-adik disini. Salam buat para donatur Kapiler, semoga diberi kesehatan dan rezeki ya berkah. Aamiin.", ungkap Ibu Yuliana, selaku pengurus Rumah Autis.

09-04-2021

Donasi Tersalurkan Rp 10.000.000

Pada 6 April 2021, donasi sebesar Rp 10.000.000,- telah dialokasikan untuk pengadaan sarana pendidikan Rumah Autis, Tanjung Priok.

Dana tersebut akan digunakan untuk membeli 1 unit laptop dan 1 unit tab untuk sarana pendidikan pengurus dan anak murid.

Kabar terbaru dan foto penyaluran akan dikabarkan lebih lanjut maksimal 2 minggu setelah penyaluran.