22 06-22

Bantu Biaya Masuk Sekolah Adik Panti Asuhan Bina Remaja Mandiri

Campaigner   Panti Bina Remaja Mandiri

Kategori   Pendidikan

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 8.36%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 1,672,248 43 Hari
dari target Rp. 20,000,000

 

Pendidikan sejak usia dini merupakan hal yang penting untuk perkembangan anak. Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah memperolehnya, baik karena faktor keuangan ataupun dukungan dari keluarga. Demikian yang terjadi di Panti Asuhan Bina Remaja Depok, terdapat adik-adik yang baru akan masuk ke jenjang TK serta MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan pengurus mengalami kendala untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Besarnya biaya pendidikan untuk sekolah menjadi masalah besar yang dihadapi Panti Asuhan Bina Remaja Depok. Walaupun terdapat pilihan sekolah gratis di sekolah negeri yang dicanangkan oleh pemerintah, akan tetapi tidak semua anak dapat memperoleh fasilitas tersebut, terutama anak-anak terlantar yang terdapat di panti asuhan.

“Sebab anak-anak di dalam panti asuhan banyak yang memiliki permasalahan administratif terkait identitas diri. Sehingga anak-anak di dalam panti asuhan tidak dapat memperoleh akses pendidikan gratis karena masalah administratif tersebut.”

Kebijakan baru mengenai syarat masuk SD harus memiliki Ijazah TK juga menjadi permasalahan yang dihadapi oleh Panti Asuhan Bina Remaja Depok. Sebab sebelumnya Panti Asuhan Bina Remaja Depok memberikan pendidikan untuk anak usia dini melalui program Taman Anak Sejahtera (TAS).

Melalui program Pendidikan Taman Anak Sejahtera (TAS) ini, anak-anak di Panti Asuhan Bina Remaja dapat memperoleh sertifikat yang dapat digunakan untuk mendaftarkan diri ke tingkatan Sekolah Dasar Negeri (SDN). Sedangkan per tahun 2020 melalui kebijakan baru, anak-anak yang akan mendaftarkan diri untuk masuk sekolah dasar diwajibkan memiliki ijazah TK dan tidak lagi dapat menggunakan sertifikat TAS. (sumber)

Hal tersebut menjadi permasalahan yang dihadapi oleh panti asuhan, selain masalah administratif panti asuhan juga mengalami kesulitan untuk membayar biaya TK dan MI. Hal ini dikarenakan belum adanya alokasi khusus untuk biaya TK di Panti Asuhan Bina Remaja Depok.

Ibu Ferly selaku pengurus panti asuhan sudah mengupayakan dengan melakukan negosiasi agar anak asuhnya dapat diterima di sekolah negeri atau memperoleh program beasiswa pendidikan gratis, akan tetapi upayanya belum membuahkan hasil.

Mari sahabat panti kita bantu ringankan biaya masuk sekolah adik-adik di Panti Asuhan Bina Remaja Depok. Bantuan dari sahabat akan memberikan manfaat yang luas bagi adik-adik Panti Asuhan Bina Remaja Depok untuk memiliki kesempatan yang lebih baik memperoleh masa depan yang cerah.

----------   

1. Klik tombol 'DONASI'
2. Masukan identitas dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GOPAY, OVO atau Transfer bank)
4. Segera transfer sesuai nominal yang tertera
5. Confirm, Kamu sudah membantu memberdayakan adik-adik di panti asuhan.

Donasi yang telah tersalurkan kepada penerima manfaat, kami publikasikan ke dalam tab "Update Informasi".

Terima kasih, Sahabat Kapiler #AyoBerperan

Belum ada info perkembangan :)