16 04-19

Gerakan 10.000 Al-Qur'an untuk Panti Asuhan #Tahap 2

Nama Panti   Kapiler Indonesia

Kategori   KesehatanInfrastruktur

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 79.88%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 39,937,989 63 Hari
dari target Rp. 50,000,000

Klik tab "Update Informasi" untuk melihat laporan penyaluran


 

Alhamdulillah, Program Gerakan 10.000 Quran untuk Panti Tahap II (bagian 1) telah dijalankan di 2 panti dengan pencapaian hafalan tertinggi mencapai 10 halaman pada surat Al-Baqarah. Hal ini tentunya tak lepas dari kontribusi Sahabat Panti. Oleh Karenanya, kami membuka kembali kesempatan kepada Sahabat Panti untuk ikut berpartisipasi dalam program wakaf quran Gerakan 10.000 Quran untuk sejumlah Panti Asuhan lainnya.

Melalui program ini, kita sama-sama berharap akan terciptanya budaya menghafal Al-Quran di panti-panti asuhan di seluruh Indonesia.

Yuk, dukung panti agar bisa mencetak para hafidz Qur'an muda! Klik "DONASI" untuk berpartisipasi memudahkan langkah adik-adik panti menjadi penghafal Qur'an.


Kitab Suci Al-Qur'an merupakan hal yang utama bagi kita sebagai umat muslim. Nilai-nilainya yang luhur harus menjadi tuntunan bagi kita dalam menjalani kehidupan. Begitu pula kehidupan anak-anak di panti asuhan. Bahkan, mayoritas panti asuhan mitra Kapiler menjadikan pendidikan Al-Quran sebagai prioritas program bagi anak-anak asuhnya. Namun, masalah muncul ketika sarana pendidikan Quran tersebut (seperti mushaf Al-Qurannya) dirasa belum memadai serta guru-guru pengajarnya tidak mencukupi secara kuantitas. 

Oleh karenanya, Kapiler Indonesia bersama Gema Insani menginisiasi sebuah wadah kebaikan bagi Sahabat Panti untuk ikut berpartisipasi menghadirkan Quran yang layak serta bantuan pengajar untuk program hafalan Al-Qur'an bagi panti-panti di seluruh Indonesia. Program ini bertajuk Gerakan 10.000 Quran Untuk Panti Asuhan.

Gerakan ini mengajak kamu untuk berwakaf Al-Quran beserta dengan program pembimbingan hafalan Quran di seluruh panti asuhan di Indonesia.

 

Dengan wakaf sebesar minimal Rp 150.000,- , Kamu telah memberikan:

- 1 buah Al-Quran seharga Rp 100.000,-
- 1 paket Pembimbingan Hafalan Quran senilai Rp 50.000,- kepada adik-adik asuh panti asuhan tersebut.

 

 

Adapun program pembimbingan dilakukan dengan tahap-tahap berikut:

Tahap I : 5 panti di Depok dengan 150 penerima manfaat

Tahap II : 30 panti di Depok dan Jakarta dengan 1.000 penerima manfaat

Tahap III : 350 panti di seluruh Indonesia dengan 10.000 penerima manfaat*

*dapat berubah sewaktu-waktu


Gerakan 10.000 Al Quran Tahap II (bagian 2)

Bagian 2 rencananya akan dilaksanakan selama 1 bulan dari bulan April hingga bulan Mei 2019*. Selama 1 bulan ini akan menjadi tahapan bagi adik-adik panti untuk selangkah lebih dekat menjadi penghafal Al-Qur'an.

Karena belajar butuh proses, karena belajar butuh awalan, karena belajar butuh pembiasaan untuk memotivasi adik-adik panti berani untuk bertumbuh dan maju. Menjadi adik panti yang berprestasi dan menjadi Hafidz Qur'an.

*dapat berubah

 

Program ini bekerjasama dengan:

Penerbit Gema Insani - www.gemainsani.co.id

 

Agenda Pelaksanaan Program Tahap 2 (bagian 2)

No Bulan Kegiatan
1 Februari - Maret

Penggalangan Dana & Perencanaan

2 April

Pelaksanaan

3 Mei

Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

Yuk, dukung panti agar bisa mencetak para hafidz Qur'an muda! Klik "DONASI" untuk berpartisipasi memudahkan langkah adik-adik panti menjadi penghafal Qur'an.

27-07-2020

Kabar Penyaluran Paket Wakaf Al-Quran (17 Juli 2020)

Alhamdulillahirabbil Alamin

Pada pertengah bulan Juli 2020 ini, Kapiler Indonesia kembali menyalurkan bantuan paket wakaf Quran sebagai bagian dari Gerakan 10.000 Al Quran untuk Panti Asuhan bersama Gema Insani. Tentunya gerakan ini takkan terlaksana tanpa ridho Allah SWT dan juga partisipasi ribuan orang baik yang menyisihkan rezekinya untuk masa depan anak-anak panti asuhan.


Suasana pembagian Quran bersama Anak-anak Panti YBKN Al Hasyim

Sebanyak 90 paket Al-Qur'an kami salurkan kepada 3 panti asuhan di Jakarta. Al-Quran ini diharapkan mampu meningkatkan kemudahan dalam beribadah di rumah selama masa pandemi ini bagi anak-anak binaan panti-panti tersebut.


Suasana pengajian di YBKN Al Hasyim, nampak antusias anak-anak memanfaatkan Al-Qur'an yang didapat.

 


Serah terima Quran dengan Pengurus Panti Nur Hidayah Ulujami

 


Suasana pembagian Al-Qur'an bersama Anak-anak Panti Adz-Dzikri Bintaro.


Panti asuhan yang menjadi sasaran penyaluran kali ini adalah :

  1. Panti Asuhan Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim, Jakarta Selatan (30 Paket)
  2. Panti Asuhan Nur Hidayah Ulujami, Jakarta Pusat (30 Paket)
  3. Panti Asuhan Adz Dzikri Bintaro, Jakarta Selatan (30 Paket)

"Kami mewakili segenap pengurus dan anak asuh panti asuhan serta penerima manfaat lainnya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga menjadi keberkahan untuk sahabat semua dan menjadi amal sholeh yang meringankan hisab di yaumul hisab nanti"

26-05-2020

Update Penyaluran 21 Mei 2020

Alhamdulillahirabbil Alamin

Berkat rahmat Allah SWT melalui sahabat semua, Kapiler Indonesia kembali menyalurkan paket wakaf Al-Quran Hafalan Al-Muizz sebagai bagian dari Gerakan 10000 Quran untuk Panti Asuhan pada Kamis, 21 Mei 2020.

Foto penyerahan Quran di panti Putra Nusa Bag Putri

Paket Al Quran ini disampaikan dalam rangka memudahkan anak-anak asuh panti asuhan dalam menghafal Al Quran untuk semakin mendekatkan diri pada Allah SWT.

Foto penyerahan Quran di panti Al Falah Kemayoran

Pada kesempatan kali ini, Kapiler telah menyampaikan 150 paket Al Quran Hafalan Al Muizz kepada 5 panti asuhan di Jakarta.

Panti asuhan yang mendapatkan paket wakaf tersebut adalah sebagai berikut :

  • Panti Asuhan Amal Wanita Petogogan Jakarta Selatan (30 Paket)
  • Panti Asuhan Putra Nusa Bagian Putri Jakarta Pusat (30 Paket)
  • Panti Asuhan Kampung Melayu, Jakarta Selatan (30 Paket)
  • Panti Asuhan Al Hidayah Assuaidiyah Jakarta Timur (30 Paket)
  • Panti Asuhan Al Falah Kemayoran Jakarta Pusat (30 Paket)

Dengan ini, penyaluran paket AlQuran selama bulan Ramadhan telah mencapai 313 paket Al-Quran Al-Muizz. Paket tersebut disampaikan pada 10 panti asuhan di Jakarta dan Depok.

Selain itu, paket pendampingan tahfizh yang merupakan bagian dari gerakan ini akan dilakukan setelah kondisi dinyatakan aman.

Untuk dokumentasi lebih lengkap dapat dilihat di sini

Dan untuk profil panti asuhan di atas dapat dilihat di website Kapiler Indonesia di sini

Kami mewakili segenap pengurus dan anak asuh panti asuhan serta penerima manfaat lainnya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga menjadi keberkahan untuk sahabat semua dan menjadi amal sholeh yang meringankan hisab di yaumul hisab nanti.

---------------------------

Kapiler Indonesia
Berdayakan Panti Berdayakan Indonesia
kapilerindonesia.com
IG : @kapiler.id

20-05-2020

Update Penyaluran 12 Mei 2020

Alhamdulillah Kapiler Indonesia kembali menyalurkan paket Al-Quran ke beberapa panti asuhan di Jakarta dan Depok sebagai lanjutan program Gerakan 10000 Quran untuk Panti Asuhan.


Pada kesempatan kali ini, Kapiler menyampaikan 163 paket AlQuran kepada 5 panti asuhan di Jakarta dan Depok. Al-Quran ini diharapkan mampu meningkatkan kemudahan dalam beribadah di rumah selama ramadhan dan masa pandemi ini bagi anak-anak dan lansia binaan panti tersebut. 

Adapun 5 panti asuhan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Panti asuhan Ar-Roihan Manggarai, Jakarta Selatan (30 Paket)
  2. Panti asuhan Lentera Nusantara Bukit Duri, Jakarta Selatan 
    (30 Paket)
  3. Panti asuhan Kuntum Teratai Tebet, Jakarta Selatan 
    (30 Paket)
  4. Panti asuhan Muhammadiyan Siti Khodijah Al Kubro, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (30 Paket)
  5. Panti asuhan Riyadhus Sholihin, Tapos, Depok (43 Paket)

Pada bulan ramadhan ini kami akan membagikan setidaknya 300 paket Al-Quran hasil wakaf sahabat semua kepada 10 panti asuhan yang membutuhkan. Adapun paket pendampingan tahfizh kami tunda terkait kondisi pandemi yang belum kondusif.

08-05-2020

Update Penyaluran Al-Qur'an Ke Panti Asuhan (29 April 2020)

Alhamdulillahirabbil Alamin, telah kami sampaikan paket wakaf Al-Quran dalam Gerakan Sebar 10.000 Al-Qur'an ke Panti Asuhan. 

Pada kesempatan kali ini, Kapiler menyampaikan 30 paket Al-Qur'an kepada Panti Asuhan Al-Kautsar, Meruya Jakarta Barat. Al-Qur'an ini diharapkan mampu meningkatkan kemudahan dalam beribadah di rumah selama ramadhan dan masa pandemi ini bagi anak-anak dan lansia binaan Panti Al-Kautsar. Pada bulan ramadhan ini kami akan membagikan setidaknya 300 paket Al-Qur'an hasil wakaf sahabat semua kepada 10 panti asuhan yang membutuhkan.

Adapun program pendampingan tahfizh yang direncanakan menjadi bagian dari program ini kami tunda hingga situasi kembali kondusif.

Kami mewakili Panti Asuhan Al-Kautsar menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh sahabat yang berkontribusi dalam gerakan ini. Semoga keberkahan melingkupi sahabat semua di bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan ini.

06-02-2020

Pelaksanaan Gerakan 10.000 Al Quran Tahap 2 (Bagian 1)

5 Desember 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Al Hayya, Depok

Alhamdulillahirabbil Alamin. Berkat kehendak Allah SWT dan dukungan Sahabat Kapiler sekalian, Program Rumah Tahfizh Panti telah diluncurkan di Panti Asuhan Al Hayya, Rangkapan Jaya, Depok pada tanggal 5 Desember 2019. Pada program ini selain menyalurkan sebanyak 30 buah Al-Quran, Kami juga menghadirkan 3 pengajar tahfizh yang memilki kompeten untuk mengajar adik-adik disana. Pengajaran dilakukan dengan terpisah antara ikhwan dan akhwat. Program ini diharapkan dapat memberikan semangat menghafal Al-Quran bagi anak-anak panti asuhan.



Kak Aulia, pengajar tahfizh saat memperkenalkan diri kepada adik panti

 


7 Desember 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Ar Ridho, Depok

Selain Panti Al Hayya, Program Rumah Tahfizh Panti juga telah diluncurkan di Panti Asuhan Ar Ridho, Cipayung, Depok pada tanggal 7 Desember 2019. Program ini merupakan program yang terintegrasi dengan Gerakan 10.000 Quran untuk Panti sebagai bentuk pendampingan hafalan menggunakan Quran hasil wakaf dari Sahabat Panti sekalian, sebanyak 30 eksemplar Al-Quran Al-Muizz dari Gema Insani dibagikan kepada setiap panti. Program ini akan berlangsung selama 1 bulan dengan 8 kali pertemuan.

 


Pak Ali, pengurus Panti Asuhan Ar Ridho sedang memberi kata sambutan.


Kak Edwin & Kak Aulia, pengajar Tahfizh Panti Asuhan Ar Ridho sedang memberi kata sambutan.


Penyerahan simbolis waqaf Al Quran kepada adik asuh Panti Asuhan Ar Ridho.

 


23 Januari 2020
Update Hasil Pelaksanaan Program Rumah Tahfizh di 2 Panti

Alhamdulillahirabbil Alamin. Program ini telah terlaksana dari bulan Desember 2019 hingga Januari 2020 bersamaan dengan penyerahan Al Quran kepada anak-anak tersebut. Sebanyak 60 anak asuh di 2 panti asuhan terlibat dalam program pendampingan ini. Panti yang menjadi sasaran program ini adalah sebagai berikut:

  1. Panti Asuhan Al Hayya, Depok




     


  2. Panti Asuhan Ar Ridho, Depok




Alhamdulillah, melalui pendampingan Rumah Tahfizh Panti ini, adik-adik di 2 Panti Asuhan berhasil menambah/menyegarkan hafalan rata-rata 5 halaman pada setiap peserta dengan jangkauan hafalan mencakup Juz 30 dan Juz 1. Adapun tambahan hafalan terbanyak mencapai 10 halaman pada surat Al-Baqarah.

Mewakili semua penerima manfaat, kami mengucapkan terima kasih banyak. Semoga kita semua terus diberikan keberkahan dan semoga ini menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin.

05-02-2020

Pelaksanaan Gerakan 10.000 Al Quran Tahap 1

27 Mei 2019
Penyaluran Wakaf Al-Quran

Alhamdulillah telah disampaikan wakaf Quran sebanyak 60 buah Al-Quran hasil dari wakaf yang terkumpul hingga tanggal 20 Mei 2019 kepada Panti Asuhan Yatim Daarul Mawa dan Panti Asuhan Sakinah. Penyaluran dilakukan pada 27 Mei 2019 melalui perwakilan pengurus masing-masing panti tersebut.


Penyerahan wakaf Al-Quran kepada Panti Asuhan Yatim Daarul Mawa


9 Juli 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Sakinah

Alhamdulillahirabbil Alamin

Berkat kehendak Allah SWT dan dukungan Sahabat Panti sekalian, Program Rumah Tahfizh Panti telah diluncurkan di Panti Asuhan Sakinah Depok pada tanggal 9 Juli 2019. Program ini merupakan program yang terintegrasi dengan Gerakan 10.000 Quran untuk Panti sebagai bentuk pendampingan hafalan menggunakan Quran hasil wakaf dari Sahabat Panti sekalian.

Pada program ini selain menyalurkan sebanyak 30 buah Al-Quran pada setiap panti pantinya, Kami juga menghadirkan seorang pengajar tahfizh yang memilki kompeten untuk mengajar anak-anak disana. Program ini akan berlangsung selama 1 bulan dengan 8 kali pertemuan. Program ini diharapkan pula dapat memberikan semangat menghafal Al-Quran bagi anak-anak panti asuhan.


Kak Rahman, pengajar Tahfizh Panti Asuhan Sakinah Depok sedang memberi kata sambutan.



Suasana Peluncuruan Program Rumah Tahfizh di Panti Asuhan Sakinah, Depok.

Selain Panti Sakinah, program ini pun akan dilaksanakan di 4 panti lainnya, yaitu :

  1. Panti Babussalam
    2. Panti Daarul Ma’wa
    3. Panti Yusoli
    4. Panti Muhammadiyah Tanah Abang.

11 Juli 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Babussalam

Alhamdulillahirabbil Alamin

Selain Panti Sakinah, Program Rumah Tahfizh Panti juga telah diluncurkan di Panti Asuhan Babussalam pada tanggal 11 Juli 2019.



Penyerahan simbolis waqaf Al Quran kepada Pak Mukhtar, selaku pengurus Panti.



Suasana Peluncuruan Program Rumah Tahfizh di Panti Babussalam, Depok.


14 Juli 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Daarul Ma’wa

Alhamdulillahirabbil Alamin

Setelah Panti Sakinah dan Panti Babussalam, Program Rumah Tahfizh Panti juga telah diluncurkan di Panti Asuhan Daarul Ma’wa pada tanggal 14 Juli 2019.

  
Sejumlah Adik Panti menerima waqaf Al Quran


Pak Abdul, pengurus
Panti Asuhan Daarul Ma’wa sedang memberi kata sambutan.



Suasana Peluncuruan Program Rumah Tahfizh di Panti Daarul Ma’wa, Depok.


16 Juli 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Yusoli

Alhamdulillahirabbil Alamin

Setelah ke 3 panti di Depok, Program Rumah Tahfizh Panti juga telah diluncurkan di Panti Asuhan Yusoli (Yayasan Ukhuwah Sosial Lestari), Jakarta pada tanggal 16 Juli 2019.


Kak Marwiah, pengajar tahfizh Panti Asuhan
Yusoli sedang memberi kata sambutan.

 


31 Agustus 2019
Update Peluncuran Program Rumah Tahfizh Di Panti Muhammadiyah Tanah Abang

Alhamdulillahirabbil Alamin

Pada penyaluran terakhir Program Rumah Tahfizh Panti ini, akhirnya bisa Kami luncurkan di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang, Jakarta pada tanggal 31 Agustus 2019.


Penyerahan simbolis Al Quran Rumah Tahfizh kepada Pak Syaifudin, selaku pengurus Panti.

 
 


5 Oktober 2019
Update Hasil Pelaksanaan Program Rumah Tahfizh di 5 Panti

Program Rumah Tahfizh merupakan program yang tersertakan pada Gerakan 10.000 Quran untuk Panti Asuhan. Sebanyak 150 anak asuh di 5 panti asuhan terlibat dalam program pendampingan ini. Program ini telah terlaksana dari bulan Juli hingga September 2019 bersamaan dengan penyerahan Al Quran kepada anak-anak tersebut. Panti yang menjadi sasaran program ini adalah sebagai berikut:

  1. Panti Asuhan Sakinah, Depok

 

  1. Panti Asuhan Babussalam, Depok

 

  1. Panti Asuhan Daarul Ma’wa, Depok

 

  1. Panti Asuhan Yusoli, Jakarta

 

  1. Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang, Jakarta

Peserta sendiri terdiri dari 150 anak asuh dimana 50% lebih merupakan anak usia sekolah dasar, 30% di usia sekolah menengah pertama, dan sisanya berada di rentang usia sekolah menengah atas. Adapun pencapaian peserta-peserta tersebut dapat dikatakan baik. Tercatat setidaknya 10 anak telah berhasil menambah hafalannya 15 lembar lebih dalam program ini. Sedangkan 24 orang lainnya telah menghafal antara 5-10 halaman. Sisanya, kebanyakan telah menghafal 2-5 halaman.

Tentunya keberhasilan ini tak luput dari kontribusi Sahabat Panti dan Gema Insani sebagai pendukung utama dari program ini. Rencananya, kami akan menggelar program ini kembali untuk jangakauan yang lebih luas pada bulan November, Insya Allah.


Klik disini untuk melihat update campaign versi PDF