10 08-20

Bantu Fasilitas Belajar Online Adik Panti Selama Pandemi

Nama Panti   Kapiler Indonesia

Kategori   Infrastruktur

Donasi Sekali

Progress Realisasi Donasi 27.66%
Donasi Terkumpul Sisa Hari
Rp. 5,532,537 32 Hari
dari target Rp. 20,000,000

 Klik tab "Update Informasi" untuk melihat laporan penyaluran 


Mari mudahkan adik-adik panti dengan berpartisipasi dalam #fasilitasbelajaronline

Sudah 5 bulan ini kita semua menjalani aktivitas new normal, Kegiatan belajar mengajar di sekolah pun saat ini ditiadakan dan harus beradaptasi dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan teknologi.


Keterangan foto: Kondisi PJJ di Panti Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim

Penggunaan laptop, smartphone dan internet yang biasanya baru digunakan saat masuk tingkat SMA & perguruan tinggi, kini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi adik-adik panti tingkat SD & SMP untuk mendukung kegiatan belajar mengajar tersebut. Hal ini menjadi beban tersendiri bagi kebutuhan panti asuhan yang harus membimbing sekitar 15-30 anak untuk menjalani masa PJJ.


Keterangan foto: Kondisi PJJ di Panti Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim


Keterangan foto: Kondisi PJJ di Panti Bina Remaja Mandiri

Adi (bukan nama sebenarnya) (13), merupakan salah satu anak panti Bina Remaja Mandiri yang sering merasakan dampak dari kesulitan ini. Ia sempat mendapatkan nilai rendah akibat telat mengumpulkan tugas. Salah satu penyebabnya karena ia harus bergantian dengan kakak dan anak-anak lain di panti untuk dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas.

Panti tempat ia tinggal pun saat ini hanya memiliki 4 smartphone milik 4 pengurus, dengan keadaan saat ini harus dipakai sebagai fasilitas PJJ anak asuh yang jumlahnya mencapai lebih dari 20 anak.

Fasilitas tersebut pun dapat dikatakan sudah tidak menunjang dengan baik karena keterbatasan spesifikasi, yang membuat masalah teknis seperti performa yang lambat dan memori penuh saat menyimpan tugas kerap terjadi.


Keterangan foto: Kondisi PJJ di Panti Bina Remaja Mandiri

Mari bantu adik-adik di panti asuhan dengan menghadirkan fasilitas PJJ yang layak untuk sejumlah anak di 20 panti asuhan di Indonesia.

A. Bentuk bantuan dapat berupa:

1. Donasi melalui website Kapiler
2. Sedekah barang layak dengan mengisi form pada link berikut: Sedekah barang PJJ untuk Panti

B. Dengan berdonasi pada campaign ini, kamu dapat bantu menghadirkan smartphone/laptop/paket data internet*

*Mekanisme penyaluran akan disesuaikan oleh tim Kapiler dengan mempertimbangkan kebutuhan setiap panti & jumlah donasi yang tehimpun.

 

Mari mudahkan adik-adik panti dalam belajar jarak jauh dengan berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol 'DONASI'
2. Masukan identitas dan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (GOPAY, OVO atau Transfer bank)
4. Segera transfer sesuai nominal yang tertera
5. Confirm, Kamu sudah berbagi kepada adik-adik di panti asuhan.

Donasi yang Kamu salurkan kepada penerima manfaat, akan kami publikasikan ke dalam tab "Update Informasi".


Terima kasih, Sahabat Kapiler

16-10-2020

Kini Belajar Kami Lebih Mudah (Penyaluran Tahap 5)

Kapiler Indonesia kembali menyalurkan donasi "Bantu Fasilitas Belajar Online Adik Panti Selama Pandemi" pada tanggal 10 Oktober 2020. 

Donasi tersebut kami alokasikan untuk menghadirkan sebuah laptop dan 1 unit mouse komputer untuk menunjang PJJ adik-adik SMP di Panti asuhan Al-Haq di Sungai Rengas, Pontianank, Kalimantan Barat.


Video penyaluran dapat dilihat pada link PJJ Panti, 10 Oktober 2020.

Selain untuk kebutuhan PJJ, kehadiran laptop ini akan digunakan anak-anak SMP di Panti Asuhan Al-Haq untuk berlatih menghadapi ujian berbasis komputer.

Keterbatasan fasilitas belajar di panti, sebelumnya menjadi hambatan bagi sejumlah anak asuh Panti Al-Haq ketika akan mengikuti UN berbasis komputer. 

Tidak adanya laptop/komputer di panti membuat mereka belum terbiasa menggunakan alat tersebut, sehingga untuk mengatasinya mereka harus mengikuti pelatihan menggunakan komputer sebanyak dua pertemuan sebelum mengikuti UN.

"Kasian, pinter anaknya tapi ngga ngerti cara jawabnya. Ujiannya jadi lama dan ngga efisien.” ujar Pak Samsuri (pengurus panti).

Kini melalui bantuan sahabat, anak-anak di Panti Asuhan Al-Haq bisa berlatih menggunakan komputer. Sehingga kendala PJJ di panti perlahan bisa teratasi dan nantinya mereka bisa lebih mudah mengerjakan ujian berbasis komputer.

"Alhamdulillah saya sebagai pengasuh di panti Al-Haq, merasa senang dengan bantuan laptop ini karena sangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran adik adik yang ada disini, Kami mengucapkan banyak banyak terimakasih kepada Kapiler Indonesia juga kepada donatur. Mudah mudahan ini menjadi amal jariyah, dan mudah mudahan kita selalu dalam lindungan Allah. Jazaakumullah khairan katsiiran fii dunyaa wal akhirah." - Pak Samsuri -

 

Mari mudahkan adik panti lainnya dengan berpartisipasi dalam #BantuFasilitasPJJPanti

 

 Profil panti penerima dapat dilihat di Panti Asuhan Al-Haq

Foto penyaluran lainnya dapat dilihat di Penyaluran 10 Oktober 2020


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0821 1230 8205 (WhatsApp)

13-10-2020

Kini Belajar Kami Lebih Mudah (Penyaluran Tahap 4)

Pada 2 Oktober lalu, tim Kapiler kembali menyalurkan sebuah laptop layak dan mouse kepada salah satu panti asuhan di Jepara, Jawa Tengah. 

Laptop pemberian salah satu sahabat panti ini dimanfaatkan untuk membantu kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) 30 adik panti asuhan Al Muhtaj. Semua anak ini ada di kelas 7-9 Madrasah Tsanawiyah.

Sebelummnya selama pandemi, adik adik ini belajar menggunakan 2 handphone yang ada di panti dikarenakan Jepara masih masuk dalam Zona Merah Covid 19.

Setiap waktu belajar mereka di bagi menjadi tiga kelas dan absen secara bergantian, lalu mendapatkan tugas secara bersama-sama. “Mereka biasanya nyari jawaban dari LKS atau beberapa ada yang googling. Kalau ganti gantian itu sudah biasa, Mbak.”, ujar Pak Totok (pengurus panti).

Tidak adanya laptop di panti (termasuk pengurus), membuat tugas-tugas yang butuh mengetik, harus dikerjakan dengan menumpang di rental komputer dekat panti. Bahkan 12 adik kelas 9 biasanya perlu ke rental sebulan dua kali. Beruntungnya pemilik rental komputer memaklumi hal ini sehingga mereka tidak memasang tarif jika adik adik panti menggunakan komputer disana. “Kadang kalau ada uang ya saya bayar seikhlasnya, kalau tidak ada ya ngutang dulu.”, ujar Pak Totok.

Kini dengan hadirnya Laptop layak dari Sahabat, kendala yang dialami adik panti Al Muhtaj mulai teratasi.

"Kami ucapkan banyak terimakasih kepada donatur dan Kapiler Indonesia atas bantuan laptopnya semoga menjadi tambahan amal shaleh diganti dengan kebarokahan dan dimudahkan segala urusan sebagaimana telah banyak membantu dan memudahkan urusan kami, Aamiin" - Pak Totok-

 

Mari mudahkan adik panti lainnya dengan berpartisipasi dalam #BantuFasilitasPJJPanti

 Profil panti penerima dapat dilihat di Panti Asuhan Al Muhtaj

Foto penyaluran lainnya dapat dilihat di Penyaluran 2 Oktober 2020


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0821 1230 8205 (WhatsApp)

22-09-2020

Kini Belajar Kami Lebih Mudah (Penyaluran Tahap 3)

Bantuan PJJ kembali Kapiler salurkan pada tanggal 19 September 2020.

Kali ini bantuan berupa kuota internet dibagikan kepada 38 anak asuh & 5 Pengurus Panti Daarul Ma'wa di Sukmajaya, Depok. 

Penyaluran dilakukan langsung oleh tim kapiler dengan memberikan 43 buah voucher fisik dengan kuota internet 10 GB.

"Kepada seluruh Sahabat Kapiler yang dirahmati Allah swt. Kami, atas nama pengurus dan anak-anak yatim Yayasan Yatim Daarul Ma'wa Depok mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan kuota internet kepada anak-anak yatim binaan kami. Dengan bantuan kuota internet tersebut, anak-anak lebih semangat dan mudah melaksanakan PJJ. Semoga keberkahan selalu menaungi segala aktifitas Sahabat Kapiler di mana pun berada. Amin"  - Pak Abdul Hafidh, Ketua Yayasan Yatim Daarul Ma'wa -

 

Mari mudahkan adik panti lainnya dengan berpartisipasi dalam #BantuFasilitasPJJPanti

Profil panti penerima dapat dilihat di Panti Daarul Ma'wa

Foto penyaluran lainnya dapat dilihat di Penyaluran 19 September 2020


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0821 1230 8205 (WhatsApp)

17-09-2020

Kini Belajar Kami Lebih Mudah (Tahap 2)

Pada tanggal 13 September 2020, Kapiler kembali menyalurkan bantuan PJJ berupa donasi barang dari Sahabat Kapiler. Bantuan tersbut diberikan kepada panti asuhan Muhajirin Al Mubarok di Labuhan Dalam, Lampung.
 

Sebuah laptop, tab (tablet) dan mouse disalurkan untuk membantu kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) 60 adik panti asuhan ini.

Berawal dari kabar Ibu Siti selaku pengurus panti kepada tim Kapiler. Beliau menceritakan bahwa selama pandemi ini, anak asuhnya mengalami kesulitan dalam mengikuti PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). 1 unit smartphone miliknya terpaksa digunakan bergantian oleh mereka untuk melakukan sekolah daring.

Keterbatasan ini membuat anak asuhnya sering ditegur oleh gurunya karena terlambat mengumpulkan tugas. Terlebih ketika Bu Siti ada keperluan keluar panti, hampir dipastikan mereka terlambat mengumpulkan tugas sekolah.

 

Kini dengan hadirnya Laptop dan Tab dari Sahabat, kendala yang dialami adik-adik panti ini perlahan teratasi. Mereka pun mulai mengatur jadwal pemakaian gawai agar setiap anak dapat mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.

Ibu Siti dan adik-adik panti menyampaikan rasa terima kasih kepada sahabat semua, mereka mendoakan semoga apa yang diberikan ini dapat menjadi amal jariyah dan dibalas oleh Allah SWT.   

 

Mari mudahkan adik panti lainnya dengan berpartisipasi dalam #BantuFasilitasPJJPanti


Profil panti penerima dapat dilihat di Panti Asuhan Muhajirin Al Mubarok

Foto penyaluran lainnya dapat dilihat di Penyaluran 13 September 2020


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0821 1230 8205 (WhatsApp)

07-09-2020

Kini Belajar Kami Lebih Mudah (Tahap 1)

Hai Sahabat

Pada tanggal 31 Agustus 2020 lalu, Kapiler Indonesia telah menyalurkan donasi dalam bentuk fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di 2 Panti Asuhan. Kedua panti tersebut yaitu Panti Asuhan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim di Cipedak, Jakarta Selatan & Panti Asuhan Bina Remaja Mandiri di Tapos, Depok.

  

Donasi yang terhimpun, selain melalui website Kapiler juga diperoleh dari bantuan donasi sejumlah pihak. Donasi tersebut Kapiler alokasikan untuk menghadirkan 2 unit Laptop, 2 unit Mouse Komputer dan 1 unit Wifi Extender untuk menunjang PJJ adik-adik di Panti.

 

  • Panti Asuhan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim

Adik-adik di panti Al Hasyim sebelumnya sempat kesulitan dalam mengerjakan tugas karena harus mengetik menggunakan smartphone, selain itu sinyal wifi yang terbatas mengharuskan mereka berkumpul berdesakan di satu tempat untuk mengerjakan tugas sekolah.

Kini melalui Laptop & Wifi Extender yang diperoleh, sangat membantu mereka dalam melakukan aktivitas PJJ dan mengerjakan sejumlah tugas sekolah.

"Terima kasih kakak-kakak telah memberikan kami laptop dan jaringannya. InsyaAllah belajar kami lebih semangat. Terima kasih do'a kami menyertai", -Adik Panti Asuhan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim-

 

  • Panti Asuhan Bina Remaja Mandiri

Manfaat serupa juga dirasakan oleh adik-adik di panti Bina Remaja Mandiri.

Kini melalui Laptop yang diperoleh, membuat Adi dan kakaknya dapat bergantian menggunakan laptop untuk mengerjakan sejumlah tugas PJJ. Terlebih kakaknya yang bersekolah di SMK jurusan "Sistem, Informasi Jaringan dan Aplikasi" mengharuskannya mengerjakan tugas menggunakan laptop.

"Alhamdulillah, terimakasih banyak kakak-kakak semua buat bantuan laptop fasilitas PJJ anak-anak. Mudah-mudahan semua yang terkait dalam program ini mendapatkan balasan yang sempurna dari Allah SWT dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin YRA." -Pengurus Panti Bina Remaja Mandiri-

 

Mari mudahkan adik panti lainnya dengan berpartisipasi dalam #BantuFasilitasPJJPanti


Profil lengkap panti dapat dilihat di Panti Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim dan Panti Bina Remaja Mandiri

Bukti pembelian dapat dilihat di Kuitansi Penyaluran 31 Agustus 2020


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Kapiler Indonesia melalui:

Email : kapilerindonesia@gmail.com
Customer Care Kapiler : 0821 1230 8205 (WhatsApp)